Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

believers24

Official Writer
1863


Kabar kurang menyenangkan menerpa civitas akademika Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta. Bagaimana tidak, rektor yang belum lama dilantik, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., M.B.A digugat oleh alumnusnya atas dugaan telah melakukan plagiat.

Rustika Sianturi, alumni Fakultas Hukum UKI Tahun 1990, mengaku telah melaporkan Dhaniswara ke Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis III) dan Kemenristekdikti. 

“Saya sudah melaporkan ini ke Kopertis III, dan Kemenristek. Tanggapan mereka masih dalam proses. Saya berharap ada jawaban secepatnya, karena jika dibiarkan ini menciderai dunia pendidikan,” ujar Rustika sebagaimana dilansir JawaPos di lamannya, Rabu (2/5/2018).

Lebih jauh Rustika menyatakan bahwa sebagai alumni, dirinya berkewajiban membawa persoalan ini ke Pemerintah, agar ada klarifikasi dan tidak menjadi polemik atau rumor yang bisa merusak nama baik UKI.

“Sebagai alumni saya ingin nama UKI tetap baik dan menjadi kampus favorit yang jauh dari polemik seperti ini,” tuturnya.


(Dr. Dhaniswara K. Harjono saat memberikan kata sambutan di saat acara pelantikan dirinya sebagai rektor baru UKI / Sumber: victoriusnews.com)

Adapun karya Dhaniswara yang diduga memplagiat dari karya pihak lain adalah buku berjudul Problematika Hukum Bisnis dan Korporasi.  

Sementara itu Kordinator Kopertis III, wilayah DKI Illah Sailah mengatakan, pihaknya tengah menunggu hasil evaluasi terbaru dari yayasan UKI. Pasalnya, dari informasi yang ia terima bahwa buku yang diduga masuk dalam ranah plagiat sudah tidak dipublikasikan lagi. 

“Buku yang bersangkutan sudah tidak di-publish lagi setelah dikenai sanksi. Kejadiannya 6 tahun lalu, sudah ada proses peninjauan oleh reviewer dan tidak pernah ada keberatan yang diajukan dari pihak yang tulisannya ditiru. Buku itu tidak digunakan lagi, dan tidak digunakan untuk kenaikan pangkat atau perolehan gelar,” urai Illah Sailah. 

Baca juga: Plagiatisme Rohani

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi yang disampaikan oleh pihak Yayasan maupun pimpinan perguruan tinggi UKI terkait tuduhan plagiarisme yang dialamatkan kepada rektor baru mereka.

Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., M.B.A dilantik sebagai rektor UKI periode 2018-2022 pada 14 Februari 2018 lalu. Ia menggantikan pimpinan periode sebelumnya yakni Dr. Maruarar Siahaan, S.H.

“Salah satu kekuatan UKI adalah UKI memiliki lebih dari 50 ribu alumni dan kualitas yang unggul. Contohnya saja 17 direktur rumah sakit adalah alumni UKI. Tenaga pendidik dan kependidikan harus bekerja diiringi hati yang tulus ikhlas. Kita harus melakukan perubahan besar dengan optimis dan tidak melihat kebelakang. UKI akan menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian. UKI bertekad menaikkan peringkat universitas dengan meningkatkan kualitas mahasiswa, lembaga, akreditas dan sumber daya manusianya,” ujar Dhaniswara ketika memberikan kata sambutan di acara pelantikannya ketika itu.
Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hallo 18 February 2019 - 23:17:54

Apakah terlibat tawuran demi membela harga diri ke.. more..

0 Answer

Richard 18 February 2019 - 20:43:29

hutang

0 Answer

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

1 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7236

advertise with us