Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Jangan Pernah  Kehilangan Pengharapan Sekalipun Disekelilingmu Luluh Lantak Sumber : CBN.com

20 November 2017

November 2017
MonTueWedThuFriSatSun
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
 2028
[Daily Devotional]

Jangan Pernah Kehilangan Pengharapan Sekalipun Disekelilingmu Luluh Lantak

Ratapan 3: 21-23

Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! 

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 142; Yohanes 19; Zakharia 4-6

Pernahkah kamu membayangkan seorang nabi menangis di hadapan Tuhan karena Yerusalem tempat tinggalnya hancur? Ya, itulah yang dilakukan Nabi Yeremia. Arti nama Yeremia dalam bahasa Ibrani adalah "Allah meninggikan." Bukan hanya menuliskan kitab Yeremia, Nabi Yeremia juga menuliskan kitab Ratapan, dimana dia mengekspresikan kesedihannya. Namun dia juga merayakan - Ya, itulah yang dilakukan Yeremia. 

Ditengah-tengah rasa dukanya, dia menemukan harapan dan penghiburan di dalam Tuhan. Yeremia berkata: 

Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! ~ Ratapan 3:22-23

Babel telah meluluhlantakkan Yerusalem. Walau demikian saat asap masih naik dari antara abu reruntuhan, Yeremia mengerti 3 kunci kehidupan yang luar biasa ini:

1. Kasih setia Tuhan tak berkesudahan

2. Rahmat-Nya tak pernah habis

3. Besar kesetian Tuhan

Bagaimana seseorang bisa berseru, "besar kesetiaan-Mu!" ditengah-tengah rasa duka dan kehilangan? Jawabannya karena Yeremia tahu bahwa Tuhan bisa mengubah tragedi menjadi kemenangan. Dia mendapatkan pewahyuan tentang kasih setia Tuhan. Kasih yang tak berkesudahan seperti apapun situasi disekitarnya. 

Menerapkan kitab Ratapan dalam hidupmu

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu mengalami kehilangan atau rasa duka? Apakah kamu mengalami bencana dalam rumah atau keluargamu? Apakah kamu mengalami patah hati karena satu dan lain hal?

Jika kamu mengalaminya, jangan takut. Saat kamu mengangkat kepalamu seperti Yeremia melihat ke atas, kamu akan melihat Kristus sudah menang menanggung semua beban hidupmu. Tuhan akan mengangkat semua beban hidupmu dan mengubahnya untuk mendatangkan kebaikan bagimu. Tuhan adalah bagianmu. Apapun yang terjadi dalam hidupmu, Dia adalah bagian dari warisan kekalmu, harta abadimu. 

Tuhan adalah perlindunganmu 

Berapa banyak banjir terjadi tiap tahunnya; beberapa banjir menyebabkan kerusakan lebih parah dibanding lainnya. Untuk mencegah banjir, orang membangun perlindungan seperti tanggul, dam hingga bendungan untuk mengalihkan aliran air sehingga tidak membanjiri tempat tinggal mereka. 

Salah satu bendungan terbesar adalah Hoover Dam di Black Canyon di Colorado River, yang letaknya 30 mil dari Las Vegas, Nevada. Dibutuhkan 21.000 orang untuk membangunnya, dan 5 juta barel semen, yang menghasilkan bangunan setinggi 726 kaki yang menjadi penahan bagi aliran air dari Danau Mead. Tidak hanya itu bendungan Hoover Dam menghasilkan listrik yang menerangi Nevada, Arizona, dan California. Setiap tahun menghasilkan 4 miliar kilowatt setiap tahunnya. Hal itu mencukupi kebutuhan listrik 1.3 juta jiwa. 

Jika bendungan yang dibuat manusia bisa mengubah banjir menjadi sebuah manfaat bagi jutaan orang - apa yang bisa dilakukan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa bagimu?

"Maka orang akan takut kepada nama TUHAN di tempat matahari terbenam dan kepada kemuliaan-Nya di tempat matahari terbit, sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit, yang didorong oleh nafas TUHAN." ~ Yesaya 59:19

Tuhan sendiri yang akan bertindak dan menjadi tempat perlindunganmu. Bayangkan bagaimana kuasa Tuhan dalam hidupmu!

Ya, bencana bisa datang. Itu terjadi di Yerusalem. Itu terjadi dalam hidup Yeremia. Itu juga bisa terjadi dalam hidupmu. Tetapi ratapanmu saat bencana terjadi akan diubah menjadi sukacita yang tak terkatakan oleh kuasa Tuhan yang mengalir dalam hidupmu seperti arus sungai yang kuat. 

Hanya Tuhan yang bisa mengubah situasi yang sangat sulit bagi manusia:

- Dia melakukannya bagi Yusuf sehingga dia Tuhan promosikan untuk menjadi pemimpin di Mesir. 

- Dia melakukannya bagi Ester sehingga Tuhan menyertainya dan melihat kelepasan bagi kaum Yahudi. 

- Dia melakukannya bagi Ruth sehingga dia tahu akan rahmat Tuhan dan menjadi nenek buyut dari Daud. 

- Dia juga melakukannya bagi Daud sehingga Daud bisa mengerti kasih setia Tuhan dan memimpin bangsa Israel. 

- Dia juga melakukannya atas Yesus Kristus sehingga dalam kedaulatan-Nya Yesus memberikan hidup-Nya dan mati di kayu salib bagi dosa saya dan kamu. 

Tuhan menjadi tempat perlindungan bagi mereka semua. Dan Dia juga akan melakukannya bagimu juga. 

Nama Yeremia artinya "ditinggikan oleh Allah," demikian juga kamu akan ditinggikan oleh Allah sehingga kamu bisa mengatasi semua rasa duka dan kesedihanmu - seperti yang dikatakan oleh nabi di Perjanjian Lama ini. 

"Samudera raya berpanggil-panggilan dengan deru air terjun-Mu; segala gelora dan gelombang-Mu bergulung melingkupi aku. TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya pada siang hari, dan pada malam hari aku menyanyikan nyanyian, suatu doa kepada Allah kehidupanku."  ~ Mazmur 42:8-9

Copyright © 2008, Jacqueline Overpeck. Digunakan dengan izin.

Sumber : CBN.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us