Biarkan Tuhan Membebaskanmu dari Jerat Jaring Dosa Itu
Kalangan Sendiri

Biarkan Tuhan Membebaskanmu dari Jerat Jaring Dosa Itu

Lori Official Writer
      5563

Galatia 5: 1

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.


Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu93[/kitab]; [kitab]Lukas14[/kitab]; [kitab]Danie7-8[/kitab]

Bau asap dedaunan yang dibakar mengingatkanku kenangan di masa kecil tentang perapian dan secangkir coklat panas yang diatasnya ditaburi marshmallow yang lezat.

Ada juga kenangan musim gugurku yang sama sekali nggak aku sukai yaitu waktu aku bersepeda, memikirkan soal urusan bisnisku dan tiba-tiba di tengah jalan kepalaku harus terjebak tepat di sebuah jaring laba-laba besar. Oh, aku benci sekali dengan hal itu! Tanganku pun berusaha menyingkirkan jaring laba-laba sementara bibirku berusaha mengeluarkan sisa-sisa jaring dari mulutku. Aku berusaha melepaskan sisa-sisa sarang laba-laba itu. Saat aku beranjak pergi dengan sepedaku, aku sama sekali nggak sadar kalau laba-laba itu sudah merayap di bahuku. Kedelapan kakinya mulai merayap-rayap di suatu tempat di sekitar bahuku.

Untuk satu dan lain alasan aku mendapati kalau aku rupanya mulai tertarik dengan jaring laba-laba. Aku sengaja melihat-lihat satu sarang laba-laba di suatu pagi dengan bersepeda. Pagi itu masih cukup gelap dan cahaya rembulan masih memancar di sisi kananku yang tepat memantul di sebuah jaring laba-laba. Tiba-tiba aku mengagumi desain jaringnya yang begitu terpusat.

Beberapa detik kemudian aku tertegun, karna menyaksikan seekor kupu-kupu yang cukup besar terbang dan dalam hitungan detik terjun di bagian pusat jaring laba-laba. Kupu-kupu itu pun mulai panik dan berjuang sekuat tenaga untuk melepaskan diri. Semakin dia berjuang keras, jaring-jaring ini malah semakin membungkus dia dengan kencang. Merasa kasihan, akupun turun dari sepeda dan mulai mencapai jaring itu dengan kedua tanganku. Dengan selembut mungkin akan menangkupkan telapak tanganku di sekelilingnya dan perlahan-lahan menarik kupu-kupu itu keluar. Setelah terlepas dari jaring itu, aku segera melepaskan si kupu-kupu dan menyaksikan dia buru-buru terbang.

Apa yang terjadi dengan kupu-kupu itu mungkin sama seperti yang aku alami. Aku bisa saja terjebak dalam serabut dosa seperti jaring laba-laba itu. Dosa itu mengikat pikiran dan hatiku dengan eratnya, sampai aku mati perlahan-lahan. Aku mencoba sekuat tenaga membebaskan diriku dari ikatan dosa itu, namun gagal. Tapi Tuhan akhirnya datang tepat pada waktunya dan menangkupkan telapak tangan-Nya atasku dan membebaskanku.

Akupun senang sekali, sama seperti kupu-kupu yang aku tolong itu. Tuhanlah yang sudah menyelamatkan aku dari jaring dosa itu. Telapak tangan-Nya yang dipakukan di kayu saliblah yang membebaskanku dari jaring dosa dan membebaskanku selamanya.

Apakah kamu mau mengijinkan Yesus melakukan hal yang sama padamu? Dia mengerti bahwa kita itu rentan jatuh dalam jebakan musuh, dan Dia berusaha untuk membebaskan kita dari cengkraman dosa. Berhentilah mencoba untuk membebaskan dirimu, dan biarkanlah Dia meraih dan membebaskanmu dari jerat itu.


Satu-satunya cara melepaskan diri dari jerat dosa adalah meminta uluran tangan dari Tuhan

Ikuti Kami