Berhenti Menggerutu!
Kalangan Sendiri

Berhenti Menggerutu!

Lori Official Writer
      6914


Mazmur 106: 24-25

Mereka menolak negeri yang indah itu, tidak percaya kepada firman-Nya. Mereka menggerutu di kemahnya dan tidak mendengarkan suara TUHAN.

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu52[/kitab]; [kitab]Kisah24[/kitab]; [kitab]Imama14-15[/kitab]

Apakah Anda suka menggerutu? Seorang penggerutu tidak tahu cara menanggapi situasi di sekitar ketika sesuatu secara alami terjadi tidak sesuai dengan keinginannya. Penggerutu adalah mereka yang tidak tahu cara yang tepat untuk mengekspresikan perbedaan pendapat dengan orang lain. Alih-alih memilih cara yang tepat untuk menunjukkan ketidakpuasan mereka, penggerutu malah sengaja menimbulkan konflik yang tidak sehat terhadap orang lain. Inilah yang sering dilakukan orang-orang yang sebenarnya ingin melakukan hal yang benar, namun pada akhirnya kebiasaan menggerutu mereka malah menimbulkan konflik, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Mazmur 106: 24-26 menyatakan ada tiga dosa yang selalu dilakukan orang Israel selama masa pengembaraan. Pertama, mereka ‘menolak’ berkat-berkat yang akan Allah berikan di Tanah Perjanjian. Kedua, mereka ‘tidak percaya’ kepada firman Allah yang menyatakan bahwa mereka akan terpelihara di tanah tersebut. Ketiga, mereka ‘tidak mendengarkan’ suara Tuhan. Mereka malah duduk di tenda-tenda mereka sambil menggerutu.

Allah ingin memberkati umat-Nya, namun mereka menggerutu kepada Tuhan dengan cara yang tidak tepat. Ketidakpuasan mereka disampaikan dengan ucapan yang membuat Tuhan marah. Sampai akhirnya Dia tidak membiarkan satu orang pun dari mereka masuk ke tanah perjanjian.

Sikap buruk orang Israel inilah yang diwaspadai penulis Ian Thomas agar tidak menular kepada generasi ini. Ia menyampaikan kalimat yang begitu mendalam sebutnya, “Ketika Anda mengabaikan apa yang Anda butuhkan, dan mulai menuntut apa yang Anda inginkan, bila tidak berhati-hati, Allah akan memberikan keinginan itu kepada Anda!” Jadi, perhatikanlah sikap Anda dalam menanggapi perbedaan dengan orang lain atau bahkan dengan Tuhan. Jangan biarkan keinginan Anda sendiri yang malah menghambat berkat Tuhan hadir dalam hidup Anda.

Menggerutu tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi dengan mengucap syukur Anda bisa menghadapi masalah


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Ikuti Kami