Keputusan dan Ketetapan Hati Daniel

Keputusan dan Ketetapan Hati Daniel

Puji Astuti Official Writer
      4610

Daniel 1:8

Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu79[/kitab]; [kitab]Ibran13[/kitab]; [kitab]Yerem5-6[/kitab]

Daniel dan kawan-kawannya diperhadapkan permasalahan yang sama dengan kita saat ini – bagaimana kita bisa hidup kudus di tengah kehidupan yang penuh dengan tawaran untuk kompromi. Tantangan kita adalah bagaimana caranya membuat pilihan seperti yang diputuskan oleh Daniel dan kawan-kawannya.

Tentu saja Daniel tidak serta merta menentang penguasa saat itu, namun dengan kecerdikannya, ia pun tidak harus berkompromi dengan  budaya tempat ia hidup yang najis. Semuanya itu karena Daniel terhubung dengan Tuhan yang mengaruniakan hikmat kepadanya. Bahkan karena komitmennya tersebut, Daniel dan teman-temannya dipromosikan oleh Tuhan, melalui cara-Nya yang unik Tuhan membawa mereka menjadi petinggi di negeri tempat mereka dibuang.

Setiap keputusan-keputusan yang kita buat akan membentuk kehidupan kita. Kehidupan kita saat ini dibentuk oleh keputusan-keputusan kita di masa lalu, demikian juga masa depan kita ditentukan oleh keputusan-keputusan yang kita buat saat ini. Untuk itu, pastikan bahwa keputusan yang kita buat baik dan benar, dan yang terpenting sejalan dengan kebenaran Firman Tuhan. Seperti Daniel, karena keputusannya mungkin saja ia akan kehilangan nyawanya, namun ia tidak mau kompromi. Ia teguh hidup dalam kebenaran, dan Tuhan melihat ketetapan hatinya itu.

Mari kita memiliki ketetapan hati seperti Daniel, karena hal itu akan menuntun setiap keputusan kita sehingga tidak menyimpang dari kehendak Tuhan. Percayalah, sekalipun harga dari keputusan dan komitmen itu mahal, hal itu sepadan karena Tuhan akan memberi upah tersendiri atas setiap perbuatan kita.

Jika Anda diperhadapkan kepada pilihan untuk kompromi, jangan lakukan. Hiduplah dalam kebenaran sekalipun itu sulit, ingatlah bahwa hasilnya nanti akan manis.

Ikuti Kami