Mengenal Yesus di tengah angin badai
Kalangan Sendiri

Mengenal Yesus di tengah angin badai

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
      4586

Matius 14 : 27

Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!"
 

 

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu96[/kitab]; [kitab]lukas17[/kitab]; [kitab]danie11-12[/kitab]

Mungkin kita sering bertanya, “Sebenarnya Tuhan itu tahu apa tidak ya, kalau di depan sana akan ada badai? Sebenarnya Yesus tahu apa tidak ya, kalau saya lewat cara dan jalan ini akan ada musibah?”

Para murid dalam kisah yang terdapat di [kitab]Matiu14:22-33[/kitab] ini mengalami masalah besar yang datang secara tiba-tiba,
mereka dilanda angin ribut dan gelombang yang mengombang-ambingkan perahu mereka.

Dalam keadaan bingung dan tak berpengharapan, karena Yesus tidak bersama-sama mereka, mereka terkejut dan sangat ketakutan ketika ada sosok yang datang menghampiri mereka dengan berjalan di atas air.

Seluruh murid yang ada di perahu tersebut tidak mengenali Yesus yang datang menemui mereka yang sedang berada di tengah masalah. Padahal belum lama mereka mengalami pesta besar dan makan enak karena Yesus berhasil membuat mujizat pelipatgandaan lima roti dan dua ekor ikan.

Para murid juga lupa bahwa Yesuslah yang menyuruh mereka untuk naik perahu dan pergi lebih dulu karena Yesus hendak berdoa seorang diri.

Itu artinya Tuhan tahu apa yang akan terjadi di masa depan dan Tuhan tidak membiarkan mereka bergumul sendiri. Tuhan tahu percis kalau akan ada badai yang menerpa murid-murid-Nya. Namun seringkali kita seperti Petrus dan kawan-kawannya yang tidak mengenali Yesus yang datang di tengah badai hidup. Kita cenderung melihat hantu dan berasumsi yang tidak-tidak terhadap Tuhan.

Mudah bagi kita mengenal Yesus sebagai sosok yang membuat mujzat, yang memberikan kesembuhan dan menyediakan makanan serta berkat saat segala sesuatu dalam keadaan yang terkendali dan aman. Tapi ketika masalah besar bagaikan angin ribut yang datang secara mendadak dan bertubi-tubi dan semua itu terjadi di luar perkiraan kita, dan di luar kendali kita apakah kita masih bisa melihat dan mengenali Yesus yang datang di tengah-tengah masalah kita?

Yesus Kristus tetap sama, baik di darat, di laut maupun di udara. Yesus Kristus tetap sama baik saat keadaan terkendali, maupun saat musibah datang. Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

 

Baca juga :

Yesus Kristus Satu-Satunya Pengharapan Dunia Ini

Ikuti Kami