Rahasia Bibit Unggul Menjadi Bijaksana

Rahasia Bibit Unggul Menjadi Bijaksana

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
      3550

Ulangan 4 : 6

Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi.

 

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu73[/kitab]; [kitab]Ibran7[/kitab]; [kitab]Nahum1-3[/kitab]

 

Konon ada seorang pertapa tua yang terkenal bijak. Reputasinya membuat seorang pemuda ingin belajar menjadi bijaksana seperti dia. Karena itu pemuda tersebut dengan susah payah mendaki gunung yang tinggi untuk mencapai puncaknya, sebab di sanalah si orang tua bijak ini tinggal.

Ketika sampai di depan orang tua itu, bapak tua itu segera menanyakan maksud kedatangan si pemuda. Pemuda itu menyampaikan maksudnya untuk belajar tentang rahasia kebijakan sang pertapa.

Dia pun bertanya, “Apakah rahasia yang membuat bapak menjadi bijaksana seperti sekarang ini?” Pertapa itu menjawab, “Sederhana saja. Empat kata: keputusan-keputusan yang benar.” “Memang masuk akal”, pikir pemuda itu . Bijaksana artinya membuat keputusan-keputusan yang benar. Tetapi bagaimana kita bisa mengambil keputusan yang benar? Justru itulah yang susah? Dan itu pula yang menjadi pertanyaan kedua dari si pemuda. Sekali lagi sang pertapa menjawab, “Jawabannya mudah sekali. Sekali lagi sang pertapa menjawab, “Jawabannya mudah sekali. Sekali lagi, hanya empat kata: keputusan-keputusan yang salah.”

Artinya orang tua itu menjadi bijaksana karena di masa mudanya dia telah belajar dari kesalahan-kesalahannya, sehingga sekarang ketika dia tua, dia tahu mana jalan-jalan yan benar karena dia pernah melalui jalan-jalan yang salah.

Namun ada cara yang lebih unggul dan hal ini adalah kabar baik bagi kita semua. Kita tidak perlu membuat banyak kesalahan dulu untuk menjadi bijaksana. Alkitab diberikan kepada kita sebagai penuntun hidup. Di dalamnya sebenarnya penuh dengan panduan bijak bagi orang tua maupun  anak muda. Kita bisa belajar dan menerapkannya dalam hidup ini. Kita bisa terhindar dari banyak kesalahan dalam hidup ini. Sehingga hidup kita maupun keluarga kita tidak harus mengalami banyak kerugian.

Rahasia yang paling baik dan jitu supaya seseorang bisa menjadi pribadi yang bijaksana adalah dengan membaca, merenungkan dan menerapkan apa yang tertulis di dalam Alkitab.

Ikuti Kami