Ikut Membentuk
Kalangan Sendiri

Ikut Membentuk

Budhi Marpaung Official Writer
      2777
Filipi 1:12,13
…..apa yang terjadi atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan injil...telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang lain bahwa aku dipenjarakan karena Kristus

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 129; Yohanes 6; Yeremia 32-33

Pernahkah Anda mendengar nama Israella Darmawan? Saya yakin banyak dari antara Anda yang tidak mengetahuinya, Wanita ini memang bukanlah pemimpin pemerintahan seperti Margareth Thatcher di Inggris. Ia juga bukan pengusaha layaknya Moeryati Soedibyo di Indonesia. Ia hanyalah seorang guru sekolah dasar Fransiskus Asisi, Jakarta.

Yang menarik dari Ibu Israella adalah ia ini memiliki hubungan dengan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama. Ia adalah orang yang pernah mengajar Obama kecil ketika orang nomor satu di AS tersebut tinggal di Indonesia bersama ibu dan ayah tirinya. Meski hanya setahun, ia bersyukur karena pernah bertemu dengan Obama. Ia bahkan tak pernah menyangka bahwa Tuhan memberinya kesempatan untuk ikut membentuk perjalanan seorang presiden Amerika!

Setiap pertemuan adalah kesempatan. Itulah komentar rasul Paulus kepada Jemaat Filipi tentang kisah pemenjaraannya. Pengalaman di penjara tanpa bersalah umumnya berisi cerita pahit. Tidak demikian bagi Paulus.

Dari proses pengadilan sampai pemenjaraan, ia bertemu dengan banyak orang yang tidak beriman. Baik tentara Romawi di istana maupun sesama penghuni penjara (ayat 13). Ini dipandangnya sebagai kesempatan emas. Ia memakai setiap pertemuan untuk bersaksi tentang Kristus. Ia berharap lewat pertemuan singkat itu, Tuhan bisa memakainya untuk mengubah jalan hidup tiap orang yang dijumpainya.

Setiap hari Tuhan mempertemukan Anda dengan berbagai tipe manusia. Seiman atau bukan. Menyenangkan atau menyebalkan. Baik atau jahat. Kaya atau miskin. Pandanglah itu sebagai sebuah kesempatan. Pancarkan kasih Tuhan lewat tutur kata dan perbuatan Anda. Siapa tahu, dalam pertemuan singkat itu Allah memakai Anda untuk ikut membentuk jalan hidup mereka ke arah yang lebih baik.

Peran Anda mungkin sedikit dalam hidup seseorang namun itu sudah cukup memperkaya hidupnya

Ikuti Kami