Jika Ingin Melihat Hari-Hari yang Baik
Kalangan Sendiri

Jika Ingin Melihat Hari-Hari yang Baik

Lois Official Writer
      3603

1 Petrus 3:10-11

"Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya."

 

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 80; Lukas 1; Yeremia 26

 

Beberapa hari belakangan ini kita melihat bahwa perpecahan kembali di Indonesia. Kerusuhan terjadi di Ambon dan menewaskan beberapa orang di sana. Sungguh sangat disayangkan, bagaimana nyawa manusia terbuang begitu saja, seolah-olah tidak ada harganya.

Mengatasnamakan keadilan, ataukah kebenaran, ataukah kemanusiaan mereka melakukan perbuatan itu? Yang jelas bukan atas nama perdamaian. Terutama orang yang menyulut api itu sehingga Ambon ‘terbakar’. Dia tidak menjaga lidahnya tapi malah mengumbar perkataan yang menusuk. Akibatnya? Ambon hidup dalam hari-hari yang kurang baik.

Berkali-kali, Alkitab mengingatkan kita untuk menjaga lidah. Kita mungkin mencemooh orang yang bertanggung jawab atas kerusuhan Ambon ini, namun coba kita tilik kembali kehidupan kita. Pernahkah kita sendiri menjadi provokator sehingga akhirnya menyebabkan pertengkaran dua orang, sesama teman yang akhirnya merusak hubungan mereka? Pernahkah kita memakai lidah kita untuk kebohongan? Kelihatannya begitu kecil, namun dampaknya sungguh besar.

Carilah perdamaian di dalam negara yang penuh keanekaragaman ini. Carilah damai di dalam keluarga dimana anggota keluarganya mungkin tak sepaham namun tetap bersatu. Carilah kedamaian di lingkungan kerja dengan memberikan yang terbaik. Carilah kedamaian dengan pasangan karena dialah teman sejatimu untuk seumur hidupmu. Carilah kedamaian dimanapun kita berada.

 

Carilah perdamaian dimanapun kita berada dengan lidah yang dikekang dan perilaku yang menyenangkan

Ikuti Kami