Ramai Dibicarakan, FJI Sebut Pengungsi Merapi di Gereja Kafir

Ramai Dibicarakan, FJI Sebut Pengungsi Merapi di Gereja Kafir

Lois Official Writer
11759

Di Twitter hari ini (Selasa, 9 November 2010) ramai dibicarakan mengenai masalah FJI. Apa itu FJI? FJI merupakan singkatan dari Forum Jihad Indonesia. Apa yang dilakukan mereka sampai-sampai ramai dibicarakan di Twitter? Dengan alasan agama, FJI menuntut agar para pengungsi yang berada di gereja agar dipindahkan ke tempat lain. Mungkin mereka takut akan ada kristianisasi di sana.

Menurut AlissaWahid, dia membenarkan bahwa memang FJI datang kemarin (Senin, 8/11) di Ganjuran untuk menuntut pengungsi dipindahkan. Menurut Maya Larasati sebenaranya ada satu koran ternama yang sudah meliput intimidasi yang dilakukan FJI kepada pengungsi yang berada di gereja Ganjuran Bantul tapi entah kenapa berita itu tidak naik cetak. Bahkan menurutnya, selain melakukan konvoi motor,FJI meneriaki pengungsi-pengungsi di gereja Ganjuran sebagai kafir dan menyuruh mereka yang Muslim supaya pindah shelter (posko pengungsi).

Tentu ada banyak keluhan yang disampaikan untuk FJI. Menurut mereka bukanlah saat yang tepat untuk memikirkan soal teknis seperti itu ketika ada hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan, yaitu bagaimana keselamatan dan bencana yang dialami oleh para pengungsi.

Rararatriw menanggapi hal ini dengan mengatakan, “Saya Muslim, tapi nggak segitunya juga kayak FJI, dasar kafir, bisanya teriak kafir, ganggu psikis pengungsi aja…” Apa yang dikatakan rararatriw ini memang masuk akal. Pengungsi yang sedang kena musibah dan mungkin kehilangan segalanya, masih harus diberikan ultimatum seperti itu oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan agama. Temukonco mengemukakan, “Terus kalau pengungsi Merapi pindah dari Gereja Ganjuran, apakah mereka akan menyediakan transportasi?”

ShafiqPontoh men-tweet, “Duh kenapa lagi nih FJI… please deh stop bawa-bawa agama untuk kekerasan dan khotbah penuh kebencian.” IrvanLubis dalam twitternya berpikir, “Jangan-jangan FJI dipersiapkan untuk ganti FPI kalau-kalau FPI dibubarkan.” Dan banyak juga pemikiran serupa yang mengaitkan FJI ada hubungannya dengan FPI.

Lalu ada pemikiran dari ari_andriana, “Mereka sendiri sudah berbuat apa untuk para pengungsi itu? Namanya juga ngungsi, nggak peduli kemana yang penting selamat.” Alyathequeen juga memberikan suara untuk FJI bahwa daripada konvoi, lebih baik mereka menjadi relawan. Menurut Dickquake, sekarang teman-teman Katholik dan NU sedang melakukan koordinasi. AlissaWahid terakhir mengatakan, “Teman-teman, kita perlu bijak menyikapi isu iman dalam situasi pengungsian ini. Please help (tolong bantu) dengan tidak bersikap reaktif. Ayo fokus pada pengungsi.” Dia kemudian menambahkan, “Kita punya masalah yang lebih besar : Kesejahteraan pengungsi yang masih amburadul. Urusan Ganjuran kita upayakan untuk tidak melebar masalahnya.”

Sumber : twitter/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami