Belajar Dari Kesalahan
Kalangan Sendiri

Belajar Dari Kesalahan

Lestari99 Official Writer
      7982
Mazmur 106:43
Banyak kali dilepaskan-Nya mereka, tetapi mereka bersikap memberontak dengan rencana-rencana mereka, tenggelam dalam kesalahan mereka.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 146; Yohanes 6; 2 Samuel 19-20

Ada seorang pengusaha sukses diwawancarai wartawan. "Apa rahasia sukses Anda?" "Hanya ada dua kata," jawab sang pengusaha pendek. "Apa itu?" "Keputusan tepat," jawabnya.

"Lalu, apa rahasia membuat keputusan yang tepat?" kejar wartawan. "Hanya satu kata," jawab sang pengusaha. "Apa itu?" "Pengalaman," jawabnya.

"Lalu, apa rahasia mendapatkan banyak pengalaman?" uber wartawan semakin penasaran. "Hanya dua kata," jawab pengusaha singkat. "Apa itu?" sahut wartawan tak sabar. "Keputusan salah," jawab pengusaha.

Salah satu kelebihan manusia adalah kemampuannya untuk belajar dan berpikir. Termasuk belajar dari kesalahan-kesalahan. Dari kesalahan, kita mendapat pengalaman untuk mengambil keputusan yang tepat. Dalam Mazmur 106, Daud menggambarkan bangsa Israel yang enggan belajar dari kesalahannya. Berkali-kali mereka melakukan kesalahan yang sama. Akibatnya, sering mendapat murka Allah.

Praktek korupsi yang kian merajalela telah menyebabkan bangsa ini bangkrut. Sebagai warga negara, kita berkewajiban untuk mengingatkan bangsa kita atas kesalahan ini. Caranya? Dengan berpartisipasi dalam mengawasi dan mencegah terjadinya korupsi. Dan itu bisa dimulai dari lingkungan terdekat kita.

Orang yang tidak pernah melakukan kesalahan biasanya juga tidak pernah belajar apa pun.

Ikuti Kami