Kesabaran
Kalangan Sendiri

Kesabaran

Lestari99 Official Writer
      8078
Galatia 5:22
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan.

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 135; 2 Korintus 8; 1 Tawarikh 5-7

Kesabaran adalah salah satu buah Roh Kudus. Banyak kesalahan akan terjadi bila kita tergesa-gesa dan tidak sabar. Kata kesabaran berasal dari kata Yunani "makrothumia" - "makros" berarti panjang atau jauh dan "thumos" berarti panas atau marah. Jadi, kesabaran berarti panjang atau jauh dari kemarahan. Orang yang tidak sabar biasanya cepat marah. Orang yang sabar bukannya orang yang tidak pernah marah, melainkan orang yang marah hanya pada waktu yang tepat.

Orang Yunani memakai kata "makrothumia" bukan dalam berhubungan dengan sesuatu atau kejadian, melainkan dalam berhubungan dengan orang. Chrysostom mendefinisikan makrothumia sebagai roh yang mampu membalas dendam, tetapi menolak untuk melakukannya.

Dalam berhubungan dengan orang lain, sering kali kesabaran kita mengalami tantangan. Banyak konflik terjadi karena kita kurang sabar untuk menunggu atau mengerti seseorang. Tidak semua orang dapat berpikir secepat atau sepandai yang kita inginkan. Tidak semua orang dapat menjadi orang Kristen yang baik atau sempurna seperti yang kita inginkan. Oleh sebab itu, kita perlu memiliki kesabaran, terutama terhadap orang yang lebih "lambat" dari kita. Bersabar berarti mau dan rela menunggu proses Tuhan atas kehidupan setiap kita dan menerima keberadaan orang lain apa adanya.

Bersabarlah, maka Anda akan terhindar dari konflik dan menerima buah yang berlimpah pada akhirnya.

Ikuti Kami