JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Special Teaching

Pengendalian Diri (Self Control)

SUNDAY, 04 MARCH 2012

Total View : 23246 times

Setiap manusia berusaha mengontrol apa yang ada di sekitarnya, namun yang paling sukar dikontrol adalah pribadi manusia itu sendiri.

Amsal 16:32

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota.

Amsal ditulis pada zaman dimana menundukan kota merupakan keberhasilan yang sangat luar biasa, namun Alkitab mengatakan bahwa bagi Tuhan keberhasilan itu tidak ada artinya dengan keberhasilan seseorang mengendalikan dirinya.

Kita tidak dapat menundukkan atau mengontrol sesuatu ataupun seseorang kalau kita tidak mampu mengontrol diri sendiri. Karena itu banyak kegagalan yang disebabkan ketidakmampuan untuk mengontrol diri sendiri, bahkan suatu bangsa bisa hancur jika penguasanya tidak bisa untuk mengontrol dirinya sendiri.

Amsal 25:28

Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Seseorang yang tidak mempunyai penguasaan diri akan selalu rentan terhadap segala sesuatu yang menekan dirinya, orang itu tidak akan sanggup bertahan apabila menghadapi tantangan dan halangan dalam kehidupannya.

Salah satu karakteristik dari sikap kekanan-kanakan adalah tidak adanya penguasaan diri. Penguasaan diri bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir, melainkan sesuatu yang harus dilatih dan dipelajari dalam proses pendewasaan diri. Karena itu, salah satu tanda menuju kedewasaan adalah kemampuan untuk mengendalikan diri.

Ada tiga aspek yang dapat kita pelajari untuk dapat mengendalikan diri. Ketiga aspek itu adalah :

  1. Menguasai Lidah

Manusia secara umum suka bicara, bahkan secara statisktik manusia menghabiskan 1/5 hidupnya untuk berbicara. Dalam suratnya, Yakobus menyatakan bahwa barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang yang sempurna. Artinya orang yang sempurna adalah orang yang bisa mengendalikan perkataannya, dan lewat perkataannya dia pun mampu mengendalikan tubuhnya.

Alasan kita perlu menguasai lidah atau mulut anda adalah :

  • Karena Lidah Mengendalikan Hidup (Yakobus 3:3-4)

Yakobus menggunakan perumpamaan kekang pada mulut kuda untuk menjelaskan kuasa dari menjaga perkataan. Dengan mengendalikan lidah/perkataan, kita dapat mengendalikan tubuh kita. Untuk itu kita harus berhati-hati dengan perkataan kita.

Perumpamaan tentang kemudi pada kapal, menjelaskan bahwa lewat perkataan seseorang bisa menentukan kemana kehidupanmu berjalan. Kita harus memperhatikan perkataan yang keluar dari mulut kita, juga kepada siapa kita berbicara. Hal ini tidak bisa kita lakukan seorang diri, kita perlu meminta petunjuk Tuhan seperti yang dilakukan oleh Daud pada Mazmur 141:3.

  • Karena Lidah Dapat Menghancurkan Apa yang Sudah Dibangun (Yakobus 3:5-8)

Perkataanmu bisa menghancurkan reputasi, pernikahan, hubungan bahkan masa depan seseorang dalam satu malam.

Dampak dari perkataan bisa terjadi secara beruntun, jadi perkataan yang sia-sia akan merusak sesuatu bahkan lebih jauh dari apa yang kita pikirkan. Bahkan Yakobus mengungkapkan bahwa semua binatang bisa dijinakkan, tapi tidak seorangpun dapat menjinakkan lidah (ayat 8).

  • Lidah Menunjukan Siapa Diri Kita Sebenarnya (Yakobus 3:11-12)

Perumpamaan mata air menceritakan bahwa apa yang keluar dari dalam perkataan seseorang mencerminkan apa yang ada di dalam hatinya. Jika seseorang mempunyai masalah dengan mulut dan perkataannya, maka permasalahan terletak pada hatinya. Jadi untuk memperbaikinya, anda harus menyembuhkan apa yang ada di hati anda.

Bahkan secara jasmani, kondisi lidah bisa menentukan kesehatan organ tubuh lain seseorang. Maka tidak aneh jika apa yang keluar lewat lidah (perkataan) merupakan gambaran kondisi hatimu.

  1. Menguasai Tubuh

 Hal ini meliputi penguasaan diri dalam makanan, pekerjaan, pola hidup dan sebagainya.

Nafsu makan/seks/emosi itu sebenarnya baik, namun jika tidak dapat dikendalikan maka itu akan merusak kehidupan seseorang. Apapun yang dilakukan secara berlebihan akan merusak dirimu, jadi berlakulah seimbang.

1 Korintus 10:31, apapun yang kamu lakukan (makan/minum/dsb) lakukanlah itu untuk kemuliaan Tuhan.

3. Menguasai Semua Sumber Daya Yang Tuhan Berikan

Hal ini meliputi kemampuan untuk mengontrol waktu, energi, uang atau semua yang Tuhan berikan.

Kita sering memboroskan sesuatu, sehingga justru pada saat kita membutuhkan kita tidak dapat melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Kelolah semua yang diberikan.

Berikut 4 Tips Agar Berhasil Meningkatkan Pengendalian Diri :

*Set a goal (1 Kor 9:26), harus punya target untuk mencapai sesuatu, lalu fokuslah!

*Practice self control (1 Kor 9 : 24-25), karena kita tidak dilahirkan dengan kemampuan untuk menguasai diri, maka kita harus berlatih.

*Discipline (1 Kor 9:26-27), kedisiplinan sangat dibutuhkan dalam latihan penguasaan diri.

*Get a Coach, cari orang yang bisa melatih, menuntun dan memperhatikan kita agar kita bisa sampai pada tujuan yang kita inginkan.

Tag Keyword : pengendalian, diri, amsal, self, control

Imago Planet
Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!


Saya sudah berdoa dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi
Pertama kali mengikuti Doa PertobatanPemulihan
Nama Lengkap :
Email

COMMENTS

Konseling

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * Canly

    2014-02-26 23:03:28
    Terima kasih terhadap artikel nya bantu saya Tuhan dalam pengendalian diri saya. Amen
  • * 2512

    2013-08-22 23:18:39
    Ini tentang sebuah perumpamaan. Ada seorang petani yg memiliki tanah 1 hektar luasnya. Suatu ketika petani ini bertemu seorang pengemis, karena iba & merasa kasihan, petani ini pun memberikan setengah tanahnya kepada pengemis ini untuk dikelola & ditanami padi. Seiring berjalannya waktu kehidupan pengemis ini pun semakin lama semakin makmur, tanpa disadari kekayaannya melebihi petani yang membantunya itu. Mungkin karena telah memiliki banyak harta, orang yang dulunya pengemis ini jadi suka berjudi & bermain dengan pelacur, ketika ada orang yang tidak disukainya dibunuh tanpa ampun, tanpa terkecuali anak petani yang dulu menolongnya ini dibunuh dengan sadis, bidang usaha yang digelutinya pun berkaitan dengan hiburan malam & kejahatan, bagi dia menipu & berbohong adalah makanannya sehari-hari, seandainya pun dia menyumbang itupun agar orang mengetahui bahwa dia kaya. Suatu ketika sakitlah tubuhnya, kesusahan lah hidupnya. dia berobat ke luar negeri, menjalani operasi besar, sampai obat termahal di duniapun pernah dia makan tapi tidak ada hasil. Sampai akhirnya habislah seluruh kekayaannya, orang-orang yg dulu bersamanya, sedikit demi sedikit menjauh & pergi. Ketika semua kekayaannya di kota habis, dia teringat masih mempunyai sebidang tanah di desa yang merupakan pemberian seorang petani yang pernah menolongnya. Dengan tubuh yang lemah & sakit, dia berjalan menemui petani yang meminjamkan tanahnya & membantunya ketika masih jadi pengemis. Dosa terbesarnya adalah membunuh anak petani ini dengan kejam, dengan keyakinan yang hampir mustahil berhasil orang ini pun mencoba berbicara kepada petani ini. Orang ini pun berkata : Seandainya saya mati, izinkanlah saya mati disini, seandainya saya bisa sehat izinkanlah saya mengelola tanah yang bapak petani berikan, Seandainya nyawa anak bapak petani bisa saya ganti, izinkanlah saya mengabdi kepada bapak. Lalu petani ini pun berkata : Seandainya saya adalah kamu, saya akan berjalan dengan benar, saya akan belajar taat kepada aturan, saya juga akan menghentikan cinta kepada dunia. Karena dimana hartamu berada disitulah hatimu tinggal. Pertanyaan : Bagaimana memutuskan keputusan yang mengasihi, sedangkan hukum adalah tegas ? Bagaimana caranya mengerti tentang hukum yang mengasihi ? Ketika anda berada diposisi bapak petani itu, sanggupkah anda menerima kembali pengemis itu dengan jawaban yang realistis bukan jawaban versi petrus yang katanya tidak menyangkal Tuhan Yesus tapi sebelum ayam berkokok 2 kali, petrus sudah menyangkal Tuhan Yesus sebanyak 3 kali. Saya ingin dapatkan jawaban ini karena itulah tujuan saya datang kesini. Katanya ada perempuan yang akan datang memberikan jawaban ini, tapi perempuan tersebut tidak kunjung datang. Bagi yang berhasil menjawabnya saya berikan akses terbaik untuk 7 turunan. Terima kasih.
  • * EPHRAIM PANDIANGAN

    2013-07-24 18:09:07
    Thnx God. artikel ini sungguh memberkati. Tuhan Yesus kiranya menolong agar web ini tetap eksis menjadi berkat bagi banyak orang. sukses.....!
  • * pandiangan

    2013-07-24 18:05:01
    Haleluya.....sungguh saya diberkati. Doa kami anda Succes terus melayani Tuhan lewat media ini
  • * Lyan

    2013-05-31 16:12:31
    Saya sangat belum bisa untuk menguasai diri dan perkataan saya. Semoga Tuhan membimbing saya untuk bisa menjadi orang yang lebih bijaksana lagi baik dalam ucapan dan kelakuan. Amin

Teaching

Dimulai di Salib Kristus

Dimulai di Salib Kristus

Joseph M. Stowell - Hanya Yesus / bm

Ketika Yesus hadir dalam hidup manusia maka orang itu pasti akan mendapatkan hal-hal yang luar biasa, yang mana tidak bakal ada seorang pun dapat memberikan kepadanya.

PROGRAM TV

TV Programs

.: SOLUSI :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
SCTVJakartaSenin24.30 WIB
Life ChannelJakartaRabu03.00 & 20.00 WIB
Sabtu03.00 & 20.00 WIB
Family ChannelJakartaSabtu-Minggu09.00, 12.00, 20.00, 23.00, & 02.30 WIB
Molucca TVMalukuSenin-Jumat21.00 WIT
GO TVManadoSenin & Kamis18.30 WITA
.: SOLUSI LIFE :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
O-ChannelJakartaRabu22.00 WIB
Kamis22.00 WIB
Jumat22.00 WIB
Life ChannelJakartaSenin03.00 & 20.00 WIB
Selasa03.00 & 22.00 WIB
Kamis03.00 & 22.00 WIB
Jumat03.00 & 22.00 WIB
Family ChannelJakartaSenin-Jumat10.30, 19.30, 02.00, 03.30, & 04.30 WIB
SBO TVSurabayaSabtu19.30 WIB
Minggu19.30 WIB
B ChannelNasionalSabtu07.00 WIB
Minggu07.00 WIB
U ChannelJakartaSelasa01.00, 04.30, 13.30, & 17.30 WIB
Rabu03.00, 06.30, 10.30, 14.30 & 23.30 WIB
.: OBAT MALAM :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
MNC TVJakartaJumat24.30 WIB
U-ChannelKamis01.30 & WIB
Jumat01.00, 03.30 & 23.30 WIB
GO TVManadoRabu & Sabtu23.30 WITA
.: SOLUSI SUNDA :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
Bandung TVBandungSenin22.00 WIB
Cahaya Banten TVTangerang, BantenKamis20.00 WIB
.: SUPERBOOK :.
StasiunLokasiHariJam Tayang
RCTINasionalSabtu06.00 WIB
Life ChannelJakartaRabu15.30 WIB
Jumat15.30 WIB
Minggu15.30 WIB