JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Film Abraham Lincoln : Vampire Hunter, Membelokkan Sebuah Sejarah

(By : christiananswers.net | Puji Astuti).    View : 4465times

Rating :

Film Abraham Lincoln : Vampire Hunter, Membelokkan Sebuah Sejarah

Film Abraham Lincoln : Vampire Hunter menjadi sebuah kontroversi tersendiri, terutama bagi masyarakat Amerika karena sosok Abraham Lincoln bukan sekedar pahlawan bagi bangsa itu, namun juga sosok presiden dan negarawan besar yang membawa Amerika mengakhiri perbudakan, membangun sendi-sendi kostitusi negara, dan membawa bangsa tersebut keluar dari krisis moral.

Jika biasanya sosok pahlawan ataupun negarawan seperti Abraham Lincoln difilmkan dengan konsep biografi, namun kali ini sang sutradara Timur Bekmambetov dengan sangat berani membawa sejarah kepada sosok Lincoln sebagai seorang pemburu vampire. Namun apakah hal ini benar-benar terjadi? Perlu digarisbawahi bahwa film ini adalah seratus persen fiksi, yang diangkat dari sebuah novel berjudul sama “Abraham Lincoln, Vampire Hunter” karya Seth Grahame-Smith yang diterbitkan di tahun 2010.

Kisah Abraham Lincoln atau yang sering dipanggil Abe ini dibuka dengan kejadian di masa kecilnya, dimana di depan matanya ia menyaksikan kematian ibunya di tangan seorang vampire bernama Jack Barts (Marton Cskas). Karena ayahnya Abe memintanya untuk tidak balas dendam, Abe kecil menyimpan kemarahannya dalam-dalam namun bersumpah akan membunuh Jack suatu saat nanti.

Ayahnya kemudian meninggal, Abe muda pun merasa terlepas dari ikatan janji dan mengejar Jack untuk membunuhnya. Abe berhasil menembak Jack tepat dimatanya, namun ia tidak pernah tahu kekuatan seorang vampire. Jack bangkit dan mencoba membunuh Abraham Lincoln muda, beruntung muncul sosok misterius Henry Sturgess yang berhasil menyelamatkannya.

Ternyata Henry adalah seorang pemburu Vampire. Ia tahu bahwa vampire telah ada di Amerika jauh sebelum koloni Inggris mendarat di benua tersebut. Para vampire yang kini dipimpin oleh Adam (Rufus Sewel) memiliki tujuan untuk membangun sebuah bangsa. Para vampire saat itu menggunakan para budak sebagai makanan mereka, dan membunuh dengan kejam dan tanpa ampun. Henry akhirnya melatih Abraham Lincoln untuk memburu para vampire demi menyelamatkan bangsa Amerika, ia memperingatkan Abe untuk melepaskan dendamnya dan berjuang demi sebuah tujuan yang lebih besar.

“Jika dendam adalah semua yang Anda cari, kami tidak akan pernah bisa menyelamatkan umat manusia,” demikian nasihat Henry. “Mari berjuang dalam perang ini bersama saya, bukan untuk satu orang tetapi untuk seluruh dunia.”

Tapi apakah Abraham Lincoln bisa melepaskan dendamnya begitu saja? Dan apakah perjuangan mereka berdua membuahkah hasil? Jawabannya harus menonton film ini.

Film ini penuh dengan adegan action perkelahian, tindakan kekerasan dan juga sangat dipengaruhi oleh kepercayaan mengenai keberadaan vampire. Bahkan di film ini dinyatakan bahwa vampire ada karena kutukan dari Tuhan. Untuk itu butuh kedewasaan dalam berpikir untuk menonton film ini, karena banyak kebenaran yang dibelokkan disini.

Walaupun film ini dibuka dengan ayat Kejadian 17:5 “Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa” film ini dipastikan bukan film rohani. Memang di film ini ada muatan kristiani dimana Abraham Lincoln berdoa, dan beberapa karakter film mengkutip ayat Alkitab dalam dialognya, namun tetap lebih banyak adegan kekerasan dan juga kata-kata kasarnya.

Film Abraham Lincoln : Vampire Hunter ini sebenarnya menggambarkan perjuangan Lincoln dalam menghapus perbudakan namun dalam hal ini para tuan pemilik budak digambarkan sebagai para vampire. Pesan moral dalam film ini adalah bahwa hidup janganlah digerakkan oleh keinginan untuk balas dendam, tetapi harus visi yang lebih besar dan positif, dan juga perjuangan itu butuh bayar harga.

Apakah Anda sudah menonton film ini? Jika sudah silahkan beri komentar Anda ya..

Title : Abraham Lincoln : Vampire Hunter

Length: 1 hr. 45 min.

Genre: Action Fantasy Horror Thriller 3D Adaptation

Featuring:

Benjamin Walker : Abraham Lincoln

Dominic Cooper : Henry Sturgess

Anthony Mackie : Will Johnson

Mary Elizabeth Winstead : Mary Todd Lincoln

Rufus Sewell : Adam

Marton Csokas : Jack Barts

Jimmi Simpson : Joshua Speed

Joseph Mawle :Thomas Lincoln

Director: Timur Bekmambetov

Producer: Abraham Productions

Bazelevs Production

Distributor: Tim Burton Productions, Twentieth Century Fox Film Corporation

 

 

Baca juga artikel lainnya :


Mitra CBN

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING


  • * Herbert

    saya sudah menonton. saya juga setuju dengan artikel diatas, ini film hanya berisi fiksi, tapi tidak terlalu buruk untuk hanya sekedar hiburan saja. hanya saja agak risih dengan kutiban teks dalam kejadian mengenai abraham, padahal itu terlalu berlebihan jika disejajarkan dengan perjalanan AL(dalam konteks film ini) yg hanya memerangi bangsa vampir.


  • Add Your Comment

Nickname
Email
Rating    REGRET
  BETTER NOT WATCH
  NOT BAD
  VERY NICE
  MANDATORY TO WATCH
Comment