Perumpamaan Daun Pintu dan Engsel
Kalangan Sendiri

Perumpamaan Daun Pintu dan Engsel

Theresia Karo Karo Official Writer
      12225

Amsal 26:14

"Seperti pintu berputar pada engselnya, demikianlah si pemalas di tempat tidurnya."

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 119:1-88; 1 Yohanes 3; Yehezkiel 44-45

Seperti apakah si pemalas? Ia diumpamakan sebagai daun pintu yang berputar hanya pada engselnya, bergerak tetapi tidak berjalan alias "gerak di tempat". Serupa pula dengan kursi goyang, orang yang duduk di atasnya bisa merasa seakan-akan sudah mencapai jarak yang jauh, padahal dia tidak ke mana-mana. Maka tidak heran bila kursi goyang disebut juga "kursi malas".

Ketahuilah, bahwa Allah tidak senang kepada orang yang malas. Alkitab menuntun kita pada pengertian siapakah orang yang malas itu. Si pemalas adalah orang yang bila diberi tugas suka berdalih (Amsal 26:13). Si pemalas adalah orang yang tak mau bergerak maju sekalipun sudah didorong oleh orang lain (Amsal 26:16). Si pemalas adalah orang yang bahkan malas melakukan sesuatu yang sesungguhnya bermanfaat bagi dirinya sendiri (Amsal 26:15)

Bagaimana caranya agar kita tidak menjadi malas? Milikilah tujuan hidup yang jelas, sehingga kita punya semangat untuk memaknai hari-hari kita. Milikilah motivasi yang tulus, supaya kita dapat merasakan sukacita saat hendak mencapai tujuan. Milikilah perencanaan yang benar, agar kita menjadi orang-orang yang bijaksana karena tidak menyia-nyiakan waktu hidup kita. 

Mari menjadi anak-anak Tuhan yang rajin dan penuh semangat dalam hidup ini, seperti apa yang telah Paulus lakukan, "Aku ... berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan surgawi dari Allah dalam Kristus Yesus" (Filipi 3:14)

Dari setiap nama orang yang dapat kita sebut berhasil, tidak ada yang berangkat dari hidup yang malas (Sabda.org).

Ikuti Kami