Nyanyian Baru
Kalangan Sendiri

Nyanyian Baru

Lori Official Writer
      10435
Show English Version
Mazmur 40: 3-4

Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku, Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.

Bacaan Alkitab Setahun:[kitab]Mazmu96[/kitab]; [kitab]Lukas8[/kitab]; [kitab]Yosua3-4[/kitab]

Roh Kudus berbicara secara mengagumkan kepada Daud. Dalam Mazmur 40: 3-4, Daud menerangkan tentang tujuan kedatangan Tuhan  ke dunia. Di ayat 3 tertulis, ‘Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa…”. Ayat ini diartikan dalam bahasa Ibrani dengan: ‘keluar dari lubang keributan; keluar dari pengalaman mengerikan; keluar dari tempat kesedihan, keputusasaan dan kematian’.

Ya. Hidup kita memang sering kali diisi dengan kematian. Setiap pengalaman yang bertentangan dengan apa yang Tuhan telah rancangkan bagi kita adalah pengalaman kematian. Kepahitan, rasa malu, kesedihan, kebencian, keserakahan, kesepian dan sebagainya. Itulah yang ditanggung oleh Yesus di kayu salib. Dia tahu persis bagian-bagian itu karena Ia sudah melalui hal itu. Pada akhirnya kematian membawa-Nya, seperti membawa kita, kepada akhir dari kehidupan; lobang kebinasaan yang gelap dan sepi.

Tetapi Daud berkata, ‘Ia (Yesus) mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku”. Itu adalah gambaran indah dari pengalaman kebangkitan. Tak satu pun dari kita yang pernah dibangkitkan (dari kematian), termasuk cerita kebangkitan Lazarus. Kebangkitan yang dialami Lazarus dan Yesus sangat berbeda. Bila Lazarus dikembalikan ke kehidupannya, maka Yesus dibangkitkan dari kematian-Nya. Ia adalah anak sulung dari antara orang mati. Dia melangkah kedalam pengalaman baru yang Tuhan sudah design sejak awal. Hal itu pula yang menggambarkan makna nyanyian Daud dalam Mazmur 40: 4, “Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN”.

Nyanyian baru diartikan dengan pengalaman baru. Ketika Tuhan melakukan sesuatu yang besar bagi Anda, Anda tentu tidak memilih untuk duduk sembari membaca puisi atau menulis sebuah paragraph atau resep. Anda tentu akan bernyanyi, menciptakan lagu baru yang mengekspresikan perasaan yang Anda alami. Dan Daud membuat sebuah lagu baru untuk merayakan kehidupan baru, kebangkitan hidup. Daud menegaskan bahwa efek dari kebangkitan hidup  itu adalah banyak orang akan melihat-Nya dan menjadi takut lalu percaya kepada Tuhan. Ya, kebangkitan Yesus adalah sejarah yang telah menggoncangkan dunia!

Tuhan, Engkau berkuasa menggantikan kematian menjadi hidup. Terima kasih sebab melalui kebangkitan Mu, Engkau memberiku kehidupan yang baru.

Ikuti Kami