Menyembah Dalam Roh dan Kebenaran
Kalangan Sendiri

Menyembah Dalam Roh dan Kebenaran

Budhi Marpaung Official Writer
      11321
Show English Version

Yohanes 4:24

Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]mazmu69[/kitab]; [kitab]marku13[/kitab]; [kitab]bilan21-22[/kitab]

Salah satu cara agar manusia batiniah kita dapat terus kuat adalah dengan menyembah-Nya hari demi hari. Penyembahan disini maksudnya bukan sekedar menaikkan lagu pujian, tetapi menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Sebagian orang Kristen bingung dengan frasa “menyembah dalam roh dan kebenaran”;  apakah itu artinya seperti kita harus menyembah seperti orang kerasukan setan – yang tidak bisa mengendalikan tubuh saat setan masuk ke dalam diri seseorang? Atau kita harus melakukannya dengan cara seperti orang bermeditasi? Atau yang seperti apa?

Ada dua hal yang perlu dimengerti mengenai “menyembah dalam roh dan kebenaran”.  Pertama, menyembah dalam roh. Artinya ini adalah kita harus menyembah-Nya dengan totalitas kemanusiaan kita. Allah tidak mau kita menyembah-Nya hanya dengan tubuh dan jiwa saja tetapi Dia mau roh kita juga ikut menyembah-Nya. 

Lalu yang kedua, menyembah dalam kebenaran. Artinya ini adalah kita harus menyembah-Nya dengan berpedoman pada Firman Allah (Alkitab). Seperti kita ketahui, bahwa Allah tidak suka dengan kemunafikan, kepura-puraan, dan hal-hal jahat lainnya. Ketika kita datang kepada-Nya dan Dia melihat keburukan-keburukan itu maka Dia pasti memalingkan wajah-Nya dari kita. Oleh sebab itu, saat kita datang kepada-Nya, datanglah dengan kesungguhan dan kerinduan yang sangat kepada-Nya.

Penyembahan dalam roh dan kebenaran adalah penyembahan yang berkenan kepada Allah. Ketika Anda setia mempraktikannya maka manusia batiniah Anda  pun terus semakin perkasa. Saat manusia batiniah Anda semakin perkasa, ujian kehidupan seberat apapun dan godaan iblis sesering apapun mengganggu, pasti bisa Anda lewati/hadapi.

Jika Anda mau manusia batiniah Anda semakin kuat maka sembahlah Allah di dalam roh dan kebenaran.

Ikuti Kami