Daftar Kasih
Kalangan Sendiri

Daftar Kasih

Budhi Marpaung Official Writer
      6039
I Korintus 13:4
"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong."

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 54; Markus 4; Yesaya 61-62

Seorang wanita bernama Nancy menggunakan ayat-ayat dari I Korintus 13 untuk membantu mengatasi rasa frustasinya terhadap kehidupan keluarga yang dipadati kesibukan. Ia menyebut ayat 4 sampai dengan 7 sebagai "Daftar Kasih" dan ia mengarahkan pikirannya kepada daftar itu ketika amarah memenuhi hatinya.

Nancy memberi sebuah contoh bagaimana ia memakai daftarnya tersebut. Pada suatu pagi, ia pergi untuk melakukan berbagai hal sebelum ia dan keluarganya pergi berlibur. Saat itu suaminya, Bill, sedang berada di rumah sambil menjaga anak-anak dan mempersiapkan segalanya agar mereka dapat berangkat lebih awal siang itu.

Sepulangnya dari toko bahan pangan, rumah ibunya, kantor pos, bank, dan rumah sakit untuk membesuk temannya, ia mendapati bahwa ternyata suaminya sepanjang pagi ini hanya mencuci dan menggosok mobil. Padahal hal tersebut tidak mereka butuhkan dalam perjalanan!

Melihat hal itu Nancy menjadi marah dan melontarkan kata-kata kasar kepada Bill. Tetapi, kemudian kata-kata pada Daftar Kasih itu muncul di dalam benaknya, "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati." Ia berdoa, kemudian meminta maaf kepada suaminya atas ledakan amarahnya tadi. Bill mengatakan bahwa ia pun menyesal, dan siang itu mereka berangkat berlibur, dan hanya terlambat sedikit.

Ketika Anda mulai bereaksi negatif terhadap seseorang atau lingkungan sekitar, ingatlah Daftar Kasih yang telah Anda buat. Sebisa mungkin berusahalah untuk menahan perkataan dan bila ingin mengucapkan sesuatu pada akhirnya lakukanlah dengan berpikir terlebih dahulu.    

Perasaan yang pahit dapat dipermanis apabila Anda menyerahkannya kepada Tuhan

Ikuti Kami