Jangan Mengingini
Kalangan Sendiri

Jangan Mengingini

Admin Spiritual Official Writer
      6738
Keluaran 20:17
"Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya, atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 27; Matius 27; Yesaya 7-8

Sebuah peribahasa mengatakan bahwa rumput di rumah tetangga seringkali terlihat lebih hijau dibandingkan rumput yang ada di rumah kita. Hal ini menunjukkan betapa manusia memiliki sebuah kecenderungan untuk bersikap tidak pernah puas atas apa yang telah dimilikinya. Terkadang kita kurang dapat mensyukuri semua anugrah yang diberikan Tuhan kepada kita sehingga terus-menerus mengeluh dan membandingkan diri dengan orang lain. Firman Tuhan pada hari ini kembali mengingatkan kita untuk tidak mengingini milik orang lain.

Perintah tersebut tidak hanya ditujukan Tuhan kepada orang-orang yang kurang mampu, namun juga ditujukan kepada orang-orang yang kaya. Hal tersebut diakibatkan karena orang-orang yang berkelebihan pun cenderung tidak pernah puas akan kekayaan mereka, bahkan selalu berhasrat untuk mengejar lebih banyak lagi harta.

Daud merupakan seorang raja yang dihormati, selain sebagai seorang prajurit yang tangguh, ia juga menjadi pemazmur yang disukai oleh banyak orang. Namun demikian, semua kelebihan tersebut tidak membuat dirinya puas dengan apa yang dimilikinya. Sekalipun ia telah memiliki banyak istri, dosa universal ini juga menyerang Daud, orang yang dekat dengan Tuhan, sehingga ia mengingini Batsyeba, yang merupakan istri dari Uria, untuk menjadi miliknya.

Menginginkan milik orang lain dapat menjadi sebuah awal ketidakpuasan atas pemberian Tuhan dan bahkan membuka pintu gerbang dosa semakin lebar. Inilah awal kehancuran. Mari kita memulai hari ini dengan ucapan syukur atas semua pemberian terbaik yang Tuhan telah sediakan.

Biarkan ucapan syukur menjadi dasar dari pengendalian diri Anda.

 

Ikuti Kami