In Search Of Meaning
Kalangan Sendiri

In Search Of Meaning

Admin Spiritual Official Writer
      7175
Mazmur 119:30a
Aku telah memilih jalan kebenaran.

Bacaan Alkitab Setahun : Amsal 1; Yohanes 11; 1 Tawarikh 13-15

Viktor Frankl adalah salah seorang korban kekejaman Nazi yang berhasil hidup dan selamat lewat kamp penyiksaan yang teramat kejam. Dia berkata, "Orang-orang ini dapat mengambil segalanya dari aku, tetapi mereka tidak dapat memaksakan bagaimana aku memilih untuk meresponi hal ini." Ia menderita dengan sangat pahit, tetapi sebagai ganti merasakan kepahitan yang luar biasa, dia menggunakan kesempatan ini untuk menemukan bahwa manusia dapat bertahan hidup dalam keadaan yang tersukar sekalipun jikalau dia menemukan arti hidupnya.

Dari pengalaman penderitaannya dan orang-orang lain di kamp itu, dia menciptakan sebuah terapi psikologis yang disebut logotherapy (logos dalam bahasa Yunani mengandung arti meaning, arti). Dia menemukan di tengah penderitaan yang sangat berat, ada orang yang bertahan - bahkan di luar perkiraan manusia. Mereka yang bertahan, karena percaya bahwa hidup itu memiliki makna, dan makna memberikan pengharapan, dan pengharapan memberikan ketekunan untuk bertahan.

Kita tidak selalu dapat memilih situasi dan kondisi yang terjadi pada kita. Kita tidak selalu dapat memaksa alam semesta untuk mendukung dan berjalan seperti yang kita mau. Satu hal pasti, kita dapat memilih bagaimana kita meresponi apa yang terjadi pada kita. Alam semesta mungkin tidak selalu mendukung kita, tetapi kita selalu dapat memilih bagaimana kita menghadapi alam semesta dan akan kita temukan bahwa Allah-lah yang mendukung kita.

Kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Ikuti Kami