12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!
Sumber: theasianparent.com

News / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!

Bella Tiurma Official Writer
2465

Di beberapa belahan dunia, kita bisa menemukan berbagai bangunan gereja yang menarik perhatian dengan desain dan arsitektur yang unik dan di luar nalar. Dari struktur yang memakai gaya klasik hingga rancangan kontemporer yang futuristik, sehingga setiap gereja memiliki ciri khas tersendiri yang menarik perhatian dan tidak mudah untuk dilupakan. 

Beberapa bentuk bangunan gereja berikut ini mungkin tidak sama seperti bangunan gereja pada umumnya. Desain, bentuk, dan karakter khusus lainnya yang tidak biasa ini, terkadang membuat kita terkecoh.  

Berikut 12 bentuk bangunan gereja yang unik dan di luar nalar yang ada di seluruh dunia. 

1. St. Francisco de Assisi Mission Church, New Mexico, Amerika Serikat 

St. Francisco de Assisi Mission Church, New Mexico, Amerika Serikat

Gereja Katolik Roma yang dibangun antara tahun 1772 hingga 1816 ini resmi diberi nama St. Francisco de Assisi Mission Church. Namun, oleh masyarakat sekitar gereja ini dikenal dengan sebagai Gereja Taos Pueblo.

 

Baca Juga : 7 Bangunan Gereja di Indonesia yang Punya Arsitektur Unik & Menarik Perhatian Banyak Orang

 

Gereja yang didirikan dari adobe yaitu dengan bahan berbasis tanah yang terdiri dari tanah yang dipadatkan dengan bahan organik seperti batang jagung, jerami, dan kotoran hewan, membuat bangunan gereja menampilkan bentuk yang unik dan serupa dengan bangunan tradisional di sekitarnya. 

Kebanyakan dari kita pasti berpikir bahwa bangunan gereja ini jika hanya berdiri dari tanah yang dipadarkan akan runtuh. Sehingga untuk mengatisipasi agar bangunan gereja tidak runtuh, bangunan dibentengi dengan lapisan plester. Setiap tahunnya, bangunan gereja masih terus dilakukan pemlesteran oleh komunitas penduduk asli Amerika. 

Dengan bentuk gereja yang unik, bangunan ini ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1970 dan situs Warisan Dunia UNESCO.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

2. Cathedral of Brasilia, Brazil 

Cathedral of Brasilia, Brazil

Jika kita melihat bentuk dari bangunan gereja ini, tentu kita akan berpikir bahwa arsitek yang merancangnya memikirkan konsep yang unik dan di luar nalar. Bangunan yang berbentuk struktur hyperboloid ini di rancang oleh Oscar Niemeyer. 

Bangunan gereja katedral Katolik Roma ini berdiri dengan 16 kolom beton dengan berat masing-masing 90 ton dan tinggi mencapai 40 meter akan mendefinisikan bentuk bangunan tersebut sebagai karangan bunga atau bentuk sinar matahari. Bangunan gereja Cathedral of Brasilia mampu menampung jemaat hingga 4.000 orang yang didukung dengan gedung yang berbentuk lingkaran dan berdiameter 60 meter. 

Cathedral of Basilia dilengkapi dengan kaca patri yang menjadi khas dari bangunan gereja tersebut dan di langit-langit gereja berbentuk segitiga. Selain itu, gereja ini dilengkapi dengan menara lonceng yang bisa menampung empat lonceng. 

Di dalam ruang tengah gereja atau nace terdapat tiga patung malaikat yang digantung dengan kabel baja berukuran 2,22 – 4,25 meter dengan berat masing-masing sebesar 100 – 300 kilogram. Sehingga menjadikan gereja ini menjadi objek wisata sekaligus ikon dari ibu kota Brazil karena bentuk yang unik dan di luar nalar. 

3. La Sagrada Familia, Barcelona, Spanyol 

La Sagrada Familia, Barcelona, Spanyol 

Bangunan gereja yang dirancang oleh Gaudi dengan desain yang mencolok, membuat bangunan gereja ini menjadi tempat destinasi wajib bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Barcelona. Karena Gaudi tidak akan memberikan konsep dari bentuk bangunan gereja yang sederhana.

 

Baca Juga : Kemegahan Arsitektur Gereja yang Membuat Takjub,Simak 7 Ciri Khas Arsitektur Bergaya Gotik

 

Namun, dengan keunikan yang diberikan, La Sagrada Familia yang memiliki arti Keluarga Suci menjadi salah satu karya arsitektur yang paling diperdebatkan di dunia. Pasalnya beberapa orang menyukai menara dan kolom yang bergaya gotik dramatis, tetapi beberapa orang yang lain beranggapan bahwa hal itu merusak pemandangan. 

Banyaknya perdebatan yang terjadi, gereja dengan desain bentuk bangunan yang unik ini diperkirakan selesai sempurna pada tahun 2026. 

4. Harajuku Church, Tokyo, Jepang 

Harajuku Church, Tokyo, Jepang

Negeri sakura ini ternyata memiliki bangunan gereja unik yang terdapat di Harajuku, Tokyo, Jepang. Namun, yang terkenal dari gereja ini adalah gaya jalanan yang ada dibandingkan dengan struktur keagamannya. Konsep desain bangunan yang unik ini didasari dengan angka keberuntungan yaitu tujuh, sehingga pada bangunan ini terdapat tujuh lengkungan yang melengkung lembut pada bagian tengah.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

Gereja Harajuku telah diresmikan pada tahun 2006 dan memiliki fungsi ganda, yaitu rumah ibadah dan aula konser. Sehingga tidak heran kalau gereja ini memiliki akustik yang sempurna. 

5. Cadet Chapel, U.S. AIr Force Academy, Colorado, Amerika Serikat 

Beberapa orang ketika melihat bangunan gereja yang unik yang ada di salah satu akademi angkatan udara di Amerika Serikat akan memiliki anggapan bahwa bentuk tersebut terinspirasi oleh bentuk pesawat terbang. 

Pada dasarnya Walter Netsch, sang arsitek memiliki ide dasar yang diadopsi dari bentuk pesawat ke arah atas untuk menciptakan katedral klasik yang otentik. Bangunan gereja yang telah berdiri sejak 1963 ini memiliki 17 puncak menara dan ditandai sebagai Landmark Bersejarah Nasional Amerika Serikat pada tahun 2004.

 

Baca Juga : Bangunan Gereja Gothik Sayidan, Apakah Bisa Digunakan untuk Ibadah?

 

Namun, berdirinya bangunan gereja ini tidak difungsikan hanya untuk satu tempat ibadah, tetapi bangunan ini berisi Kapel Protestan, Kapel Katolik, Kapel Yahudi, AKpel Budha, bahkan Falcon Circle untuk pengikut Earth-Centered Spiritualty. 

6. Church of Hallgrimur, Reykjavik, Islandia 

Church of Hallgrimur, Reykjavik, Islandia

Sebuah gereja paroki Lutheran yang terletak di ibu kota dan kota terbesar ini termasuk bangunan tertinggi keenam di Islandia. Bentuk bangunan gereja yang unik ini berdiri sejak tahun 1986 dengan tinggi bangunan gereja mencapai 74,5 meter. 

Mungkin bagi beberapa wisatawan yang melihat bentuk bangunan ini tidak menyangka bahwa bangunan tersebut adalah gereja yang memiliki tinggi seperti gedung pencakar langit. Namun pada kenyataannya gedung tersebut selain sebagai tempat ibadah, digunakan juga sebagai menara observasi Reykjavik dan pegunungan sekitarnya. 

Bentuk dari bangunan gereja ini jika diamati lebih dalam lagi, desain luar bangunan menampilkan bentuk serupa dengan lava basal yang mengalir di lanskap Islandia. Bahkan bentuk dari bangunan  gereja ini terlihat sama seperti huruf V terbalik yang terbuat dari balok putih tipis yang tinggi dan kuat. 

Dengan desain bangunan yang menarik banyak perhatian orang, bagian dalam gereja tak kalah menarik perhatiannya. Pada bagian dalam gereja terdapat patung Alexander Stirling Calder, yaitu bapak pembuat ponsel Alexander Calder. Tak hanya itu, di dalam gereja juga memiliki patung penjelajah terkenal, Leif, Eriksson. 

 

Baca Juga : 10 Gereja Ikonik Indonesia Ini Punya Sejarah Panjang, Wajib Anda Kunjungi Nih!

 

7. Las Lajas Sanctuary, Ipiales, Kolumbia 

Las Lajas Sanctuary, Ipiales, Kolumbia

Gereja satu ini menjadi sangat unik karena lokasi berdirinya bangunan yang berada di dalam ngarai Sungai Guaitara, kota kecil Ipiales, Kolumbia. Sebelum berdirinya gereja Las Lajas Sanctuary, ada sebuah kuil yang sudah berdiri sejak tahun 1700an.

Gereja besar yang indah dan unik ini berdiri sejak 1949 dengan tinggi bangunan mencapai 100 meter dari dasar ngarai dan dihubungkan dengan sebuah jembatan ke seberang ngarai sebagai aksesnya. Banyak orang mempercayai bahwa di daerah bangunan gereja ini pernah muncul penampakan Bunda Maria. 

8. Sedlec Ossuary, Kutna Hora, Republik Ceko 

Sedlec Ossuary, Kutna Hora, Republik Ceko

Banyak yang bilang bahwa masyarakat Ceko dikenal memiliki toleransi terhadap hal-hal unik, seperti pada salah satu gereja di Praha, memiliki potongan tangan dari seorang calon pencuri yang tergantung bebas di langit-langit bangunan.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

Oleh karena itu, Sedlec Ossuary menjadi satu gereja yang memiliki bentuk bangunan yang lebih unik dibandingkan dengan gereja lainnya. Di bawah Roman Catholic Cemetery Church of All Saints, gereja ini disusun dalam kombinasi artisti, seperti lampu gantung besar yang saat ini telah berfungsi sebagai dekorasi unik sekaligus mengerikan bagi beberapa orang. 

9. Temppeliaukio Church, Helsinki, Finlandia 

Temppeliaukio Church, Helsinki, Finlandia

Oleh masyarakat sekitar gereja Temppeliaukio lebih dikenal dengan nama Gereja Batu. Sebuah gereja yang sering disalah artikan oleh wisatawan bahkan masyarakat Finlandia sendiri sebagai bangunan planetarium. Konsep yang unik dan di luar nalar ini mengkolaborasikan gaya kuno dengan modern. 

Bangunan yang menggunakan dinding yang dipahat dari susunan batu alam dan konsep atap bangunan yang terbuat dari tembaga yang cemerlang. Namun, gereja unik ini tidak memiliki lonceng tradisional seperti gereja pada umumnya. Tetapi pada gereja ini menggunakan rekaman yang diputar berulang-ulang dari pengeras suara. 

 

Baca Juga : Desa Blimbingsari, Wisata Religi yang Padukan Gereja Dengan Sentuhan Budaya Bali

 

10. Hing-Heel Wedding Chruch, Chiayi, Taiwan 

Hing-Heel Wedding Chruch, Chiayi, Taiwan

Bangunan  gereja satu ini benar-benar memiliki desain bangunan yang unik dan di luar nalar. Pasalnya bangunan ini berbentuk seperti sepatu raksasa Cinderella yang terbuat dari kaca dan berwarna bitu. Namun, dasar dari perancangan desain banguna  gereja ini, didasari untuk memperingati wanita muda yang kakinya harus diamputasi selama wabah penyakit kaki hitam yang terjadi pada tahun 1950an. 

Bangunan gereja yang tampak besar ini terbuat dari 320 panel kaca biru dan telah memegang Guinness Worl Record sebagai bangunan terbesar yang berbentuk seperti sepatu, dengan tinggi mencapai 58 kaki, lebar 11 kaki, dan panjang lebih dari 82 kaki. 

 

Baca Juga : Hebat! Gereja Ayam Magelang Ini Diekspos Media Luar Karena Kisah Pendirinya...

 

11. Evry Cathedral, Evry, Perancis 

Gereja Katedral Katolik Roma yang berlokasi di Evry selatan Paris memiliki bentuk yang unik dan tidak terpikirkan oleh banyak orang. Dengan susunan pohon-pohon rindang yang membentuk lingkaran di atas gedungnya, membuat desain dari gedung tersebut terlihat sangat unik dan romantis. Bahkan adanya pepohonan ini membuat suasana ibadah di bangunan gereja tersebut sangat teduh. 

12. Iglesia El Rosario, San Salvador, El Salvador 

Iglesia El Rosario atau dikenal dengan Gereja Rosario memiliki desain bangunan yang unik. Namun, keunikan pada bangunan gereja ini dapat dilihat pada waktu yang tepat yaitu pada hari yang cerah. Khususnya pada sudut yang tepat dari bangunan ini akan menampilkan bentuk cahaya seperti kipas dan kaca menjadi berwarna-warni yang begitu cantik dan menciptakan efek pelangi jika cahaya mengenai atap bangunan.

Sumber : tempo.co | theasianparent.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami