12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!
Sumber: theasianparent.com

News / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!

Bella Tiurma Official Writer
2453

2. Cathedral of Brasilia, Brazil 

Cathedral of Brasilia, Brazil

Jika kita melihat bentuk dari bangunan gereja ini, tentu kita akan berpikir bahwa arsitek yang merancangnya memikirkan konsep yang unik dan di luar nalar. Bangunan yang berbentuk struktur hyperboloid ini di rancang oleh Oscar Niemeyer. 

Bangunan gereja katedral Katolik Roma ini berdiri dengan 16 kolom beton dengan berat masing-masing 90 ton dan tinggi mencapai 40 meter akan mendefinisikan bentuk bangunan tersebut sebagai karangan bunga atau bentuk sinar matahari. Bangunan gereja Cathedral of Brasilia mampu menampung jemaat hingga 4.000 orang yang didukung dengan gedung yang berbentuk lingkaran dan berdiameter 60 meter. 

Cathedral of Basilia dilengkapi dengan kaca patri yang menjadi khas dari bangunan gereja tersebut dan di langit-langit gereja berbentuk segitiga. Selain itu, gereja ini dilengkapi dengan menara lonceng yang bisa menampung empat lonceng. 

Di dalam ruang tengah gereja atau nace terdapat tiga patung malaikat yang digantung dengan kabel baja berukuran 2,22 – 4,25 meter dengan berat masing-masing sebesar 100 – 300 kilogram. Sehingga menjadikan gereja ini menjadi objek wisata sekaligus ikon dari ibu kota Brazil karena bentuk yang unik dan di luar nalar. 

3. La Sagrada Familia, Barcelona, Spanyol 

La Sagrada Familia, Barcelona, Spanyol 

Bangunan gereja yang dirancang oleh Gaudi dengan desain yang mencolok, membuat bangunan gereja ini menjadi tempat destinasi wajib bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Barcelona. Karena Gaudi tidak akan memberikan konsep dari bentuk bangunan gereja yang sederhana.

 

Baca Juga : Kemegahan Arsitektur Gereja yang Membuat Takjub,Simak 7 Ciri Khas Arsitektur Bergaya Gotik

 

Namun, dengan keunikan yang diberikan, La Sagrada Familia yang memiliki arti Keluarga Suci menjadi salah satu karya arsitektur yang paling diperdebatkan di dunia. Pasalnya beberapa orang menyukai menara dan kolom yang bergaya gotik dramatis, tetapi beberapa orang yang lain beranggapan bahwa hal itu merusak pemandangan. 

Banyaknya perdebatan yang terjadi, gereja dengan desain bentuk bangunan yang unik ini diperkirakan selesai sempurna pada tahun 2026. 

4. Harajuku Church, Tokyo, Jepang 

Harajuku Church, Tokyo, Jepang

Negeri sakura ini ternyata memiliki bangunan gereja unik yang terdapat di Harajuku, Tokyo, Jepang. Namun, yang terkenal dari gereja ini adalah gaya jalanan yang ada dibandingkan dengan struktur keagamannya. Konsep desain bangunan yang unik ini didasari dengan angka keberuntungan yaitu tujuh, sehingga pada bangunan ini terdapat tujuh lengkungan yang melengkung lembut pada bagian tengah.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

Sumber : tempo.co | theasianparent.com
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami