Hari Ini Telah Lahir Juruselamat untuk Kita Semua
Kalangan Sendiri

Hari Ini Telah Lahir Juruselamat untuk Kita Semua

Samuel Agus Santoso Contributor
      989

MATIUS 1:21

“Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 28; Lukas 4; Ayub 36-37

Ketika kita membicarakan Kristologi (ilmu yang mempelajari tentang Kristus), maka ada banyak ajaran yang dapat menyesatkan. Salah satunya adalah ajaran Docetisme, yang dalam kata Yunani berarti penampilan atau penampakan. Ciri utama dari ajaran ini adalah keyakinan bahwa tubuh fisik Yesus hanyalah ilusi dan tidak benar-benar ada. Jadi ajaran ini menyerang keyakinan tentang Yesus dari sisi kemanusiaan-Nya. Doktrin Kristen mengajarkan bahwa Yesus adalah manusia seratus persen dan juga Tuhan seratus persen. Tetapi Docetisme tidak percaya bahwa mahluk spiritual yang tinggi juga bisa menjadi mahluk material yang rendah. Mereka menyangkal total atas tubuh fisik Yesus.

Kebenarannya adalah, kelahiran Kristus sudah dinubuatkan sejak para nabi. Dalam Yesaya 7:14 dikatakan, “Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”

Ini digenapi dalam Injil Matius 1:23, “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita.” Sang Firman yang bersama dengan Allah pada mulanya dunia diciptakan, telah menjadi manusia (daging) dan diam di antara kita (Yohanes 1:14). Ini menyatakan bahwa mujizat kelahiran Kristus menjelaskan kepada kita mengenai sifat alamiah yang dimiliki-Nya. Kelahiran-Nya dari seorang perempuan menunjukkan bahwa Dia benar-benar manusia dan menjadi sama dengan kita.

Kehadiran Yesus Kristus ke dalam dunia memiliki misi menyelamatkan umat-Nya dari dosa. Itulah sebabnya nama Yesus berasal dari nama Ibrani Yeshua yang berarti membebaskan atau menyelamatkan. Yesus disebut Kristus atau Mesias, artinya “Yang Diurapi”. Yesus memenuhi peran sebagai Nabi (Lukas 24:19), Imam (Ibrani 2:17) dan Raja (Yoh 18:36), yang merupakan bukti lebih lanjut tentang diri-Nya sebagai Mesias.

Sahabat, hari ini telah lahir bagimu juruselamat yaitu Kristus. Bukalah hatimu dan terimalah Dia menjadi Juruselamat hidupmu sehingga engkau beroleh hidup yang kekal, bukan hukuman kekal. Selamat Natal.

 

Oleh Samuel Agus Santoso

Ikuti Kami