Sunscreen Mencegah Tubuh Menyerap Vitamin D? Hempaskan Semua Mitos Soal Sunscreen Sekarang

Health / 2 December 2021

Sunscreen Mencegah Tubuh Menyerap Vitamin D? Hempaskan Semua Mitos Soal Sunscreen Sekarang

Claudia Jessica Official Writer
733

Sunscreen, produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Untuk membuatnya berfungsi dengan maksimal, tentu kita harus menggunakan sunscreen dengan cara yang tepat. Sayangnya, banyak mitos yang beredar tentang sunscreen membuat banyak orang bingung hingga akhirnya enggan menggunakan produk perawatan kulit tersebut. Maka dari itu, mitos-mitos tentang sunscreen ini perlu diluruskan apabila Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik.

Penggunaan sunscreen bukan sebatas mencegah kulit menghitam, namun untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, terutama paparan sinar UVA dan UVB. Salah satunya adalah untuk mengurangi risiko timbulnya keriput, garis halus tanda penuaan dini, flek hitam di wajah, hingga ancaman penyakit berbahaya seperti kanker kulit.

Setelah membaca manfaat dari penggunaan sunscreen di atas, apakah Anda masih tidak ingin menggunakan sunscreen? Atau mungkin ingin memperbaiki cara penggunaan sunscreen dan menghempas semua mitos yang pernah Anda dengar? Catat mitos-mitos tentang sunscreen berikut ini:

1. Sunscreen dan Sunblock Memiliki Manfaat yang Sama

Mitos pertama yang menjadi kekeliruan di masyarakat adalah anggapan bahwa sunscreen dan sunblock adalah produk perawatan kulit yang sama. Namun nyatanya, kandungan yang terdapat dalam sunscreen dan sunblock berbeda sehingga memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda pula.

Pada awalnya, sunscreen dibuat dengan bahan anti sinar UVA sehingga hanya berfungsi memberikan perlindungan ringan dari sinar matahari. Sedangkan sunblock cenderung memiliki perlindungan lebih lengkap terhadap sinar UVA dan UVB sehingga dianggap lebih ampuh dalam menangkal kulit gosong atau menghitam akibat paparan sinar matahari.

 

BACA JUGA: 6 Mitos Tentang Gigi Yang Bakalan Bikin Gigi Kamu Bebas dari Masalah

 

Meski demikian, saat ini sudah banyak produk sunscreen yang menawarkan kandungan anti sinar UVA dan UVB secara bersamaan. Maka dari itu, sebelum memilih menggunakan sunscreen atau sunblock, sebaiknya baca kandungan yang terdapat dalam produk tersebuh lebih dulu.

2. Semakin Tinggi SPF, Semakin Tinggi Perlindungannya

Banyak orang yang berpikir bahwa semakin tinggi kandungan SPF dalam produk sunscreen berarti perlindungannya lebih tinggi sehingga hanya perlu menggunakan sunscreen satu kali dalam sehari.

Faktanya, SPF atau sun protection factor adalah angka yang mengacu pada level perlindungan terhadap sinar matahari yang lama-kelamaan fungsinya akan memudar dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, untuk memberikan perlindungan maksimal, kita perlu menggunakan sunscreen beberapa kali sehari.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami