Sunscreen Mencegah Tubuh Menyerap Vitamin D? Hempaskan Semua Mitos Soal Sunscreen Sekarang
Sumber: jawaban.com

Health / 2 December 2021

Kalangan Sendiri

Sunscreen Mencegah Tubuh Menyerap Vitamin D? Hempaskan Semua Mitos Soal Sunscreen Sekarang

Claudia Jessica Official Writer
2723

3. Kulit Gelap Tidak Perlu Menggunakan Sunscreen

Salah satu mitos yang paling banyak dipercaya masyarakat adalah orang berkulit gelap tidak perlu menggunakan sunscreen. Hal ini karena orang dengan kulit gelap memiliki melanin lebih banyak sehingga mampu mengurangi efek sinar UVA sampai batas tertentu. Padahal, sama dengan jenis kulit lainnya. Orang dengan kulit gelap juga memerlukan sunscreen untuk melindungi kulit mereka dari sinar UVA dan UVB agar tetap sehat.

4. Tidak perlu memakai sunscreen saat cuaca berawan atau tidak keluar rumah

Katanya saat tidak memiliki kegiatan di luar ruangan, kita tidak perlu menggunakan sunscreen karena tidak bertemu dengan sinar matahari langsung. Namun faktanya, sinar UVA dan UVB yang dipancarkan matahari dapat menembus langsung ke dalam pakaian, awan, maupun kaca.

Apa lagi ketika cuaca berawan. Sekalipun cuaca berawan dan matahari tidak terik, kulit Anda masih akan terkena paparan sinar UVA dan UVB.

Maka dari itu, Anda masih perlu menggunakan sunscreen seperti biasa ketika cuaca berawan dan menggunakan sunscreen dengan SPF lebih rendah ketika berada di dalam ruangan.

5. Mencegah Penyerapan Vitamin D

Sumber vitamin D terbaik berasal dari matahari. Namun perlu diingat bahwa penggunaan sunscreen tidak menghentikan kita untuk menyerap vitamin D dan manfaat lain dari matahari.  Alih-alih mendapatkan vitamin D, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menambah risiko kanker kulit.

Perlu diketahui bahwa sinar matahari dapat menembus pakaian dan sunscreen akan kehilangan efektivitasnya setelah beberapa waktu. Dikutip dari hellosehat.com, banyak ahli dermatologi yang menyarankan untuk menghabiskan waktu di bawah sinar matahari selama 5-30 menit dalam sehari untuk mendapatkan vitamin D yang cukup.

6. Jaminan Terhindar dari Ancaman Kanker Kulit

Mitos yang satu ini sangat menyesatkan. Bisa dipastikan bahwa tidak ada satupun produk kulit yang berani menjamin penggunanya terhindar dari ancaman kanker kulit. Meskipun ada, kebenaran dari klaim tersebut patut dipertanyakan.

Pemakaian sunscreen hanya bersifat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kulit kanker, bukan sepenuhnya menjamin aman dari penyakit tertentu. Kanker kulit sendiri disebabkan oleh banyak faktor dan bukan hanya dari paparan sinar matahari saja.

Itulah enam mitos tentang sunscreen yang perlu diketahui sehingga kita tidak lagi salah kaprah mengenai penggunaan dan manfaat sunscreen. Gunakanlah sunscreen ketika Anda harus melakukan aktivitas di luar ruangan agar mendapatkan perlindungan maksimal dan tetap sehat. Pastikan untuk selalu membaca petunjuk penggunaan karena setiap sunscreen memiliki petunjuk yang berbeda.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami