Seperti Rumput Liar yang Tertutup Bunga, Demikian Juga Iri & Dengki Sering Tidak Terlihat

Seperti Rumput Liar yang Tertutup Bunga, Demikian Juga Iri & Dengki Sering Tidak Terlihat

Claudia Jessica Official Writer
      648

Galatia 5: 19-21

Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 114; 2 Petrus 1; Yehezkiel 33-35

Musim semi tahun ini adalah tahun dimana bunga-bunga di kebun kami mulai mekar. Seiring dengan mekarnya bunga-bunga yang indah, ada tanaman beracun yang merambat di antaranya. Tumbuhan ini berdaun tiga, begitulah yang dikatakan oleh pepatah. Jika berdaun tiga, biarkan saja.

Ada juga tiga hal beracun yang Alkitab katakan dan tumbuh dari daging kita yaitu kecemburuan, iri hati, dan perselisihan. Untuk kesehatan rohani kita, ketiga hal ini harus dihindari.

Dalam beberapa tahun terakhir, kami tidak memelihara hamparan bunga seperti yang biasa kami lakukan karena musim panas yang menyesakkan. Saya tidak begitu menyukai berkebun, namun istri saya sangat menyukainya. Karena saya mencintai istri saya, jadi saya mencoba membantunya berkebun.

Suatu hari kami melakukan aktivitas yang kurang menyenangkan tapi perlu dilakukan. Saat kami mencabut rumput liar, kami mengingat sesuatu yang telah kami pelajari dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam berkebun, jika Anda tidak mencabut rumput liar hingga ke akarnya, mereka akan tumbuh lagi dalam beberapa bulan setelahnya.

Hal ini mengingatkan saya mengenai kedagingan manusia, kecemburuan, iri hati, dan perselisihan memiliki sumber akar, kesombongan. Thomas Aquinas berpikir kesombongan adalah penyebab dari setiap dosa lainnya. Itu bersembunyi di bawah permukaan seperti akar rumput liar, tumbuh menjadi tiga karakteristik yang memecah belah ini. Jika kesombongan tidak diatasi, tidak lama lagi taman rohani kita perlu disiangi lagi.

Setelah mengetahui ada tanaman beracun di kebun, kami mengambil pendekatan proaktif. Kami mengenakan pakaian dari kepala sampai kaki untuk melindungi diri dari minyak dari tanaman beracun. Strategi yang sama akan menjaga kita dari iri dan dengki. Perhatikan pemikiran atau kata-kata yang membandingkan Anda dengan apa yang dimiliki atau dapat dilakukan oleh orang lain.

CS Lewis pernah berkata, “Kebanggaan tidak didapatkan dari memiliki sesuatu, hanya karena Anda memiliki sesuatu yang lebih dari orang lain. Itu adalah perbandingan yang membuat Anda merasa bangga.” Perbandingan adalah pupuk yang membuat emosi kita menjamur menjadi iri dan dengki.

Saya juga memperhatikan bahwa tanaman beracun pada dasarnya adalah tanaman merambat yang tumbuh di dekat tanah. Mereka sering tertutup dari pandangan karena daun dan bunga.

Demikian halnya dengan iri dan dengki. Mereka disembunyikan oleh hal-hal yang menyenangkan seperti sanjungan. Kita tidak menyadari maksud dari kata-kata atau sugesti karena dibungkus dengan hal-hal yang membuat kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri. Mereka menarik bagi kebanggaan kita, akar dari semua masalah kita.

Minyak dari tanaman beracun tidak selalu langsung muncul sebagai ruam. Ini bisa memakan waktu satu atau dua minggu untuk iritasi kulit ke permukaan.

Sama halnya dengan iri dan dengki, manifestasi lahiriah yang dapat memperingatkan kita seringkali tertunda. Jika pikiran yang memprovokasi karakteristik jahat ini tidak ditantang, pada saat muncul ke permukaan, mereka dapat tertanam dalam emosi dan pemikiran kita.

Akhirnya, setelah hari yang panjang, kami selesai. Kami melepas pakaian kami dan meletakkannya di tempat cuci kemudian langsung ke kamar mandi. Seperti kata pepatah lama, satu ons pencegahan bernilai satu pon pengobatan.

Seperti yang dikatakan Alkitab, kita menawan setiap pikiran untuk membuatnya taat kepada Kristus (2 Korintus 10:5). Jika kita tidak menawan pikiran kita, mereka akan menangkap kita.

Jika kita melihat kecemburuan, iri hati, dan perselisihan, ketiga iblis ini, biarkan saja.

 

Hak Cipta © Juni 2018 Ken Barnes, digunakan dengan izin

Ikuti Kami