3 Makna Roma 8 : 28 Ajarkan Kita Bahwa 'Allah Turut Bekerja  Dalam Segala Sesuatu'
Sumber: askmen india

Kata Alkitab / 24 June 2023

Kalangan Sendiri

3 Makna Roma 8 : 28 Ajarkan Kita Bahwa 'Allah Turut Bekerja Dalam Segala Sesuatu'

Lori Official Writer
78087

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8: 28)

Ayat di atas mengingatkanku kepada seorang pendeta yang bersaksi bagaimana Tuhan bekerja dalam hidupnya ketika sebuah tragedi terjadi. Kejadiannya terjadi saat dia pada suatu kali sedang berkhotbah tentang kebangunan rohani. Sementara tak seorang pun yang melihat kalau anaknya Luke berada di parkiran. Anak itupun meninggal karena dibunuh oleh seseorang. Sejak kematian anaknya, pendeta ini hidup dalam beban penderitaan yang akhirnya mengubah hidupnya.

Suatu kali, seorang anak remaja berusia 19 tahun mendengar kesaksian sang pendeta. Saat itu anak ini benar-benar sedang menghadapi trauma yang begitu berat dalam hidupnya. Kehidupan rohaninya pun bisa dibilang tak cukup baik. Sejak kecil dia tak lagi pernah menginjakkan kaki ke gereja karena orangtuanya diketahui pernah terluka oleh gereja dan sejak itu mereka memutuskan untuk tak mau lagi beribadah ke gereja.

Pengalamannya mendengar khotbah sang pendeta terjadi karena seorang teman mengajaknya ke gereja. Saat mendengar kesaksian itu, dia selalu teringat pada Roma 8: 28 ini. Dan tanpa disangka-sangka, ayat inilah yang justru mengubah hidupnya selamanya.

Satu ayat ini telah memberi dampak yang besar bagi hidup seorang remaja. Itu sebabnya ayat ini menjadi sebuah benih kehidupan yang bisa kita tanam di tanah hati kita yang subur.

Ada 3 makna di balik ayat Roma 8: 28 ini yaitu:

Pertama, kita hidup sesuai dengan rencana Tuhan, bukan rencana kita sendiri.

Roma 8: 28 adalah janji Tuhan bagi semua orang percaya. Mereka yang hidup bagi Kristus, bukan orang yang mengaku percaya tapi hidup dengan mengejar rencana hidup mereka sendiri tanpa melibatkan Tuhan.

 

Baca Juga: 4 Tokoh Alkitab Ini Ajarkan Kita Soal Hidup Penuh Sukacita

 

Kedua, Tuhan bisa memakai segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. Itu artinya Dia tidak menjanjikan semua hal baik terjadi atas hidup kita.

Kita pasti setuju kalau kanker, perdagangan manusia dan kematian itu adalah hal yang mengerikan. Dosa pasti akan terus berkeliaran dalam hidup manusia sampai tiba waktunya Yesus kembali dan menaklukkan para penguasa angkasa.

Ayat ini memberikan kita pemahaman bahwa sekalipun dosa dan si iblis akan terus merajalela, tapi kuasa Tuhan jauh lebih besar. Dia mampu menebus dan membalikkan kekacauan untuk tujuan kebaikan dan kemuliaan-Nya. Banyak hal yang tidak baik akan kita hadapi, tapi Tuhan akan memakai semuanya itu untuk sesuatu yang baik bagi hidup kita.

Ketiga, kehendak tertinggi dari Tuhan adalah melakukan hal yang baik bagi anak-anak yang telah dipilih-Nya dari semula.

Seorang guru yang bijak pernah bilang begini: ‘Tuhan menginjinkan segala sesuatu terjadi dalam hidup kita untuk satu dari dua tujuan; untuk membawa kita ke dalam hubungan di dalam Dia atau jika kita sudah mengenal Tuhan, Dia mau kita menjadi serupa dengan gambaran anak-Nya.

Selama kita hidup di dunia ini, ada banyak orang akan menyangkali kedaulatan Tuhan atas penderitaan manusia. Tapi Roma 8: 28 ini meyakinkan kita bahwa tak ada penderitaan yang terjadi sia-sia. Tuhan selalu bekerja untuk mendatangkan kebaikan dan kemuliaan-Nya. Kalau kita tak memahami kenapa cobaan menimpa hidup kita dan bagaimana perjuangan kita menghadapinya bisa mendatangkan kebaikan, kita bertanya kepada Tuhan atau menuntut janji-Nya digenapi atas hidup kita. Percayalah, Dia adalah Tuhan yang setia terhadap janji-janji-Nya. Dia nggak akan pernah meninggalkan kita dalam keadaan terjatuh, sebab tangan-Nya yang kuat dan perkasa akan menopang kita.

 

Baca Juga: Saat Hal Buruk Terjadi Kepada Orang-orang Baik, Adilkah Tuhan?

 

Firman Tuhan berkuasa untuk mengubah jalan hidup seseorang. Pemahaman yang salah akan kebenaran-Nya bisa menyebabkan kita kehilangan rencana indah yang sudah disediakan-Nya dalam hidup kita. Karena itu, berpeganglah pada janji-Nya dan jangan pernah meragukan pekerjaan Tuhan atas hidup kita. Karena rencana kita bukanlah rencana-Nya.

 

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

DONASI

 

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami