Apa Saja Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Oleh Pasien Covid-19?

Apa Saja Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Oleh Pasien Covid-19?

Claudia Jessica Official Writer
679

Asupan gizi yang baik dan sesuai tentu dapat membantu mempercepat proses pemulihan bagi pasien Covid-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan para pasien Covid-19 untuk megonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin D, mineral, dan zinc. Makanan dengan kandungan nutrisi tersebut dinilai dapat membantu proses pemulihan pasien Covid-19 lebih cepat. Namun bila pasien memiliki penyakit penyerta (komorbit) 19 seperti mengalami gejala mual, maka mengonsumsi jeruk asam dalam jumlah yang banyak justru akan memperparah keadaan lambungnya.

Oleh karena itu, baik sebagai pasien ataupun mendukung teman yang terinfeksi dengan mengirimkan makanan, kita perlu mengetahui pantangan makanan penderita Covid-19. Sekalipun pasien tidak memiliki gejala, alangkah baiknya apabila tetap menghindari makanan-makanan berikut:

1. Makanan Ultra Proses

Makanan ini berupa makanan kemasan serta mengandung garam dan gula yang tinggi seperti, cokelat, sereal, minuman bersoda, dan lain-lain. Makanan jenis ini tidak hanya mengacaukan gula darah, makanan ini juga tidak mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien.

Mungkin rasa makanan ini enak, namun makanan ini harus dihindari karena dapat mengembangkan penyakit komorbid pada pasien Covid-19, terutama penderita diabetes atau mengalami masalah pada gula darah.

BACA JUGA: Viral di Twitter, Dokter AS Ini Bagi 12 Tips Hadapi Pandemi Pakai Bahasa Indonesia

2. Makanan Pedas dan Asam

Meski tidak banyak yang mengalami gejala mual muntah, namun hal tersebut tetaplah gejala Covid-19. Makanan pedas dan asam harus dihindari guna menjaga lambung agar tidak semakin bermasalah sekalipun pasien Covid-19 mengalami anosmia.

Makanan ini wajib dihindari orang penderita Covid-19 dengan penyakit bawaan seperti maag, GERD, dan asam lambung.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami