Apa Saja Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Oleh Pasien Covid-19?
Sumber: dreamstime.com

Health / 11 July 2021

Kalangan Sendiri

Apa Saja Makanan yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Oleh Pasien Covid-19?

Claudia Jessica Official Writer
3279

3. Minuman Berkafein

Pasien Covid-19 memerlukan waktu tidur ekstra guna mempercepat proses pemulihan. Minuman berkafein tidak hanya terkandung dalam kopi, melainkan juga teh, cokelat, minuman bersoda, protein bar, es krim, dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi kafein dapat membuat Anda tidak mengantuk, susah tidur, bahkan mengalami perasaan cemas. Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman yang berkafein, perbanyaklah minum lain yang lebih sehat seperti air putih, susu, air kelapa, dan jus buah minim gula.

4. Makanan Cepat Saji

Umumnya makanan cepat saji dimasak dengan metode deep fry sehingga makanan tersebut mengandung minyak yang sangat banyak. Bahkan tak jarang makanan tersebut ditambah gula, garam dan penyedap rasa yang banyak untuk menambah kelezatannya.

Makanan jenis ini harus dihindari lantaran dapat memparah sakit tenggorakan dan batuk. Seperti yang kita ketahui, batuk dan sakit tenggorokan merupakan gejala Covid-19. Jika masih nekat mengkonsumsi makanan jenis ini, pasien Covid-19 bisa mengalami batuk dan masalah tenggorokan yang lebih parah.

5. Makanan Tinggi Lemak

Hampir mirip dengan makanan cepat saji, sekalipun makanan tinggi lemak ini diolah dengan tidak goreng, tetap saja tidak baik bagi pasien Covid-19. Terutama bagi yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan hipertensi lantaran makanan jenis ini mengandung banyak mentega, santan, jeroan, dan gajih yang menjadi makanan pantangan penderita Covid-19.

Alih-alih mengkonsumsi makanan yang disebutkan di atas, alangkah baiknya apabila pasien Covid-19 mengonsumsi makanan dan minuman yang direkomendasikan oleh dokter seperti:

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami