Biar Tetap Sehat Dikala Puasa, Yuk Konsumsi 10 Makanan Penyembuh Dari Alkitab Ini

Biar Tetap Sehat Dikala Puasa, Yuk Konsumsi 10 Makanan Penyembuh Dari Alkitab Ini

Lori Official Writer
469

Apakah kamu lagi menjalani puasa saat ini? 

Supaya tubuhmu tetap fit selama menjalani puasa, ada baiknya memenuhi kebutuhan nutrisi yang hilang. Jangan heran kalau Tuhan sendiri memberikan kita pilihan makanan yang baik dan sehat untuk kita konsumsi setiap hari. Apa saja itu? 

Berikut 10 makanan penyembuh dari Alkitab yang perlu kamu konsumsi setiap hari.

1. Ikan

“Inilah yang boleh kamu makan dari segala yang hidup di dalam air: segala yang bersirip dan bersisik di dalam air, di dalam lautan, dan di dalam sungai, itulah semuanya yang boleh kamu makan.”  - Imamat 11: 9

“Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia." Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.” – Lukas 5: 10-11

Di zaman Yesus, ikan adalah makanan pokok yang bagi orang Yahudi. Bahkan tujuh orang dari murid-murid Yesus berprofesi sebagai nelayan. Di beberapa bagian Alkitab bahkan dituliskan momen saat Yesus dan murid-murid-Nya makan ikan dan bahkan melakukan dua mujizat dengan menggunakan ikan.

Secara medis, ikan adalah sumber nutrisi, protein, asam lemak omega-3 yang baik dan menyehatkan. Nutrisinya semakin tinggi jika ikan yang kita konsumsi berasal dari sungai dan lautan yang masih bersih.

Adapun jenis ikan yang paling menyehatkan dan bernutrisi diantaranya salmon,mackerel, haring, trout dan ikan putih.

Untuk memenuhi nutrisi tubuh, The American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan sebanyak dua porsi per minggu. Asam lemak omega-3 dalam ikan bekerja untuk menyehatkan jantung. 

Jika kamu sedang puasa di minggu-minggu ini, pastikan untuk memasukkan ikan dalam menu makanmu ya. Ada beragam cara untuk mengolah ikan segar menjadi hidangan yang nikmat di lidah, jadi pilihlah salah satu resep yang paling kamu sukai entah itu digulai, digoreng, dibakar, ditumis dengan bumbu bawang bombay, bawang putih dan paprika asap dan sedikit minyak zaitun atau mentega.

Tapi bagi kamu yang gak sempat mengolah ikan di rumah, khasiatnya juga bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi ikan dalam bentuk suplemen. 

2. Madu Mentah

“Ia membawa kami ke tempat ini, dan memberikan kepada kami negeri ini, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.” – Ulangan 26: 9

“Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.” – Markus 1: 6

Madu mentah adalah makanan yang sangat mahal dalam Alkitab. Allah sendiri menjanjikan tanah perjanjian yang berlimpah susu dan madu bagi bangsa Israel. 

Apa yang membuat madu sesuatu yang berharga? Karena madu mentah mengandung gizi yang tinggi dan mengenyangkan. Selain itu, secara medis madu mentah berkhasiat sebagai antioksidan, antijamur, dan anti bakteria. Karena itulah madu mentah sering disebut dengan emas cair. Saat tubuh kekurangan cairan atau lemah, madu mentah bisa jadi obat untuk membantu meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh. Selain itu, madu mentah juga berfungsi untuk meredakan rasa sakit tenggorokan atau batuk, melembabkan kulit kering dan membantu menyembuhkan luka.

3. Minyak Zaitun

“…suatu negeri dengan gandum dan jelainya, dengan pohon anggur, pohon ara dan pohon delimanya; suatu negeri dengan pohon zaitun dan madunya.” – Ulangan 8: 8

“Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.” – Lukas 10: 34

Di zaman Alkitab, minyak zaitun mudah sekali didapatkan karena sebagian besar wilayah di masa itu dipenuhi dengan tanaman zaitun yang terus berbuah di sepanjang masa. Taman Getsemani, tempat Yesus berdoa adalah kebun zaitun.

Zaitun yang masih sangat hijau biasanya akan menghasilkan buah dan minyak terbaik. Biasanya daun zaitun dipakai sebagai lauk asinan yang lezat. Sementara minyak zaitun biasa digunakan untuk memanggang roti dan juga obat bagi luka, melembutkan kulit, sebagai minyak lampu dan juga minyak urapan bagi raja.

Kandungan yang kaya antioksidan membuat minyak zaitun baik bagi perawatan tubuh, mencegah penuaan diri dan meningkatkan kinerja otak. Bahkan minyak zaitun berkhasiat untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung dan juga maag. 

Penggunaan minyak zaitun ini bisa diaplikasikan dengan cara....

 

Baca Juga: Yesus Aja Makan Sehat Loh! Ini 7 Makanan yang Sering Dia Makan…

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami