Biar Tetap Sehat Dikala Puasa, Yuk Konsumsi 10 Makanan Penyembuh Dari Alkitab Ini
Sumber: UpYa

Health / 15 April 2021

Kalangan Sendiri

Biar Tetap Sehat Dikala Puasa, Yuk Konsumsi 10 Makanan Penyembuh Dari Alkitab Ini

Lori Official Writer
4509

beragam. Bisa dijadikan minyak tumisan, campuran untuk salad sayur atau buah dan juga untuk pelengkap rasa pasta dan hidangan sehat lainnya. 

Jadi, cobalah mengkonsumsi minyak zaitun dari hari ini.

4. Biji-bijian dan Roti Gandum

“Selanjutnya ambillah gandum, jelai, kacang merah besar, kacang merah kecil, jawan dan sekoi dan taruhlah dalam satu periuk dan masaklah itu menjadi roti bagimu. Itulah makananmu selama engkau berbaring pada sisimu, yaitu tiga ratus sembilan puluh hari.” – Yehezkiel 4: 9

Roti adalah salah satu makanan yang dianggap sangat penting dalam Alkitab. Yesus bahkan menyebut diri-Nya sebagai ‘Roti Hidup’. Roti di zaman Alkitab gak memakai metode pemurnian modern. Jenis roti sehat yang biasanya mereka makan dan hidangkan di zaman itu benar-benar diolah dari biji-bijian alami. 

Di masa lalu, roti gandum diolah dengan melakukan perendaman atau fermentasi semalaman sampai biji menjadi kecambah. Proses ini membuat karbohidrat lebih mudah dicerna. 

Sebuah studi menemukan bahwa gandum yang berkecambah selama 48 jam mengandung jumlah asam amino, serat makanan dan antioksidan yang lebih tinggi. 

 

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Wajib Ada Dalam Daftar Makananmu, Alasannya Alkitabiah Loh!

 

5. Produk Susu Kambing

“…cukup susu kambing untuk makananmu dan makanan keluargamu, dan untuk penghidupan pelayan-pelayanmu perempuan.” – Amsal 27: 27

Susu kambing mentah dan keju sangat mudah ditemukan di zaman Alkitab dan bahkan produk susu kambing ini sama sekali tidak dipasteurisasi seperti di zaman sekarang. Karena itulah susu kambing lebih mudah dicerna daripada susu sapi. 

Kandungan susu kambing ini pun sangat tinggi diantaranya, memiliki lebih sedikit laktosa dan lebih banyak vitamin, enzim dan protein. Para ahli medis menyampaikan bahwa meminum susu kambing secara rutin bisa menurunkan 65% penyakit radang. 

6. Buah-buahan

“Kemudian mereka menemui seorang Mesir di padang lalu membawanya kepada Daud. Mereka memberi dia roti, lalu makanlah ia, kemudian mereka memberi dia minum air, dan memberikan kepadanya sepotong kue ara dan dua buah kue kismis, dan setelah dimakannya, ia segar kembali, sebab ia tidak makan dan minum selama tiga hari tiga malam.” – 1 Samuel 30: 11-12

“Ketika mereka sampai ke lembah Eskol, dipotong merekalah di sana suatu cabang dengan setandan buah anggurnya, lalu berdualah mereka menggandarnya; juga mereka membawa beberapa buah delima dan buah ara.” – Bilangan 13: 23

Di zaman Alkitab, buah-buahan seperti ara, anggur dan delima biasanya diolah menjadi minuman, kue dan bahkan dimakan langsung. Waktu kedua pengintai menjelajahi tanah Kanaan sebelum menyeberangi tanah perjanjian, mereka kembali dengan membawa anggur yang sangat besar. Bahkan mereka harus menggotongnya saking beratnya.

Berikut kandungan nutrisi dari tiap-tiap buah di dalam Alkitab:

- Buah delima bersifat anti-inflamasi, antioksidan dan anti-tumor. Sarat dengan mineral dan vitamin A, K dan E.

- Buah ara sendiri mengandung kalori yang rendah namun berserat tinggi. 

- Buah anggur mengandung resveratrol, antioksidan kuat yang berkhasiat menjaga kesehatan usus besar dan mencegah kanker prostat serta mengurangi risiko stroke. Anggur juga kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, anggur juga bisa dijadikan sebagai kudapan kering dikala senggang.

Di masa-masa puasa, memenuhi vitamin dalam tubuh....

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami