Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
498


Sadar atau gak, pola hidup sehat sebenarnya adalah anjuran dari Tuhan. Sejak hari penciptaan, Tuhan sudah menyediakan kita pilihan makanan yang sehat dan yang gak sehat. Nah, tinggal kita sendiri yang milih mau ikut sama apa kata Tuhan atau gak.

Salah satu figur yang mengikuti anjuran hidup sehat dari Alkitab adalah Yesus. Sepanjang hidupnya, Yesus sendiri suka makan makanan yang benar-benar berguna dan bergizi buat tubuhnya.

Ada 7 jenis makanan sehat yang suka dia makan.

1. Buah Ara

Yesus mungkin adalah penggemar buah. Tapi diantara beragam jenis buah yang dia suka, buah ara adalah salah satu kesukaannya.

Kalau kita baca di Markus 11: 12-14, disana dituliskan kalau sebenarnya Yesus ingin sekali mencicipi buah ara yang dia temui. Tapi sayang, pohon buah ara itu gak berbuah waktu itu dan membuat dia jadi kesal.

Kalau dilihat dari segi nutrisi, buah ara itu adalah buah yang kaya dengan kalsium dan kalium yang baik untuk tekanan darah dan menguatkan tulang.

2. Ikan

Saat dalam pelayanan, banyak bagian Alkitab yang menceritakan perjalanan Yesus dengan murid-murid-Nya di atas kapal nelayan. Mereka jelas sedang menjala ikan dan memakannya bersama.

Di jaman itu, ikan yang hidup di danau atau laut tampaknya masih sangat bersih dan belum terkontaminasi dengan zat kimia, seperti sekarang. Jadi ikan-ikan itu hidup secara alami. Dan ikan-ikan laut atau danau yang segar adalah sumber protein dan Omega 3 yang tinggi dan berfungsi untuk meningkatkan tenaga dan sumber vitamin bagi tubuh.

3. Madu

Madu adalah sumber makanan utama Yohanes Pembaptis. Sebagai teman yang sering ditemuinya, Yesus juga tentu suka meminum madu.

Madu sendiri dihasilkan dari lebah alam. Manfaatnya bagi tubuh sangatlah penting diantaranya jadi antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkap berbagai penyakit. Selain itu, madu juga dipercaya bisa membantu penyembuhan tekanan darah dan alergi.

Baca Juga: Biar Tetap Sehat, Rayakan Thanksgivingmu Dengan 9 Cara Ini

4. Domba

Sebagai hewan ternak, di masa Yesus binatang yang satu ini dibiakkan secara liar di alam terbuka.

Tentu domba saat itu masih sangat sehat dan banyak ditemui dimana-mana karena pekerjaan masyarakat di masa itu kebanyakan adalah seorang gembala.

Jadi daging domba ibarat makanan populer di jaman-Nya.

Daging domba ini sendiri bisa disajikan sebagai sup yang dicampurkan dengan sayuran. Dan daging merah domba juga dianggap sangat baik sebagai sumber vitamin dan mineral bagi tubuh.

5. Minyak Zaitun

Bukit Zaitun adalah nama perkebunan zaitun yang disebutkan dalam Perjanjian Baru. Di sanalah Yesus terangkat ke surga.

Minyak zaitun sendiri adalah komoditi yang utama di masa itu dan menjadi campuran makanan yang sangat mewah di masa itu. Minyak ini biasanya digunakan untuk campuran daging dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan sangat baik untuk tubuh.

6. Roti

Walaupun roti mengandung karbohidrat dengan gula yang tinggi, roti adalah salah satu makanan utama di masa Yesus. Saat memberi makan lima ribu orang, Yesus sendiri melipatgandakan lima roti jelai yang dimiliki seorang anak. Mereka semua memakan roti bersama-sama sebagai bahan makanan utama (Yohanes 6: 9).

Roti jelai adalah jenis roti yang gak membutuhkan proses panjang dalam pembuatannya. Roti ini sendiri mengandung vitamin, mineral dan serat yang sangat tinggi.

7. Anggur

Mungkin kita berpikir kalau anggur bukanlah minuman yang sehat karena mengandung alkohol.

Tapi anggur secara kesehatan sangat baik bagi kesehatan. Anggur adalah minuman yang paling tepat disandingkan dengan daging.

Sama seperti domba, anggur sendiri disimbolkan sebagai darah Yesus.

Anggur bahkan jadi kunci dari berbagai kisah di dalam Injil, mulai dari pernikahan di Kana sampai Perjamuan Terakhir Yesus.

Secara medis, anggur mengandung antioksidan yang tinggi dan baik untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Tentu saja dosis mengkonsumsi anggur perlu diperhatikan. Anggur akan bermanfaat bagi kesehatan jika diminum secukupnya dan akan merusak jika diminum berlebihan. Dalam hal ini, Yesus tahu berapa porsi anggur yang harus dia minum.

Mau coba pola makan sehat seperti Yesus? Yuk ikuti teladannya supaya kita bisa hidup lebih sehat. Karena dalam kondisi tubuh yang sehatlah kita bisa mengerjakan pekerjaan pelayanan kita dengan baik.

Baca juga:

Perjamuan Terakhir Yesus Ternyata Bukan di Hari Kamis, Lho!

Ternyata Inilah Menu Makanan Perjamuan Terakhir Yesus

Sumber : Aleteia.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7262

advertise with us