Biar Tetap Sehat Dikala Puasa, Yuk Konsumsi 10 Makanan Penyembuh Dari Alkitab Ini
Sumber: UpYa

Health / 15 April 2021

Kalangan Sendiri

Biar Tetap Sehat Dikala Puasa, Yuk Konsumsi 10 Makanan Penyembuh Dari Alkitab Ini

Lori Official Writer
4512

juga sangat penting. Nah, ketiga buah ini bisa jadi salah satu pilihan loh. Tapi jangan lupa dikonsumsi sesudah makan ya!

7. Rempah-rempah

“Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal…” – Keluaran 30: 23

“Kita teringat kepada ikan yang kita makan di Mesir dengan tidak bayar apa-apa, kepada mentimun dan semangka, bawang prei, bawang merah dan bawang putih.” – Bilangan 11: 5

Di Perjanjian Lama dan Baru, banyak rempah-rempah yang dipakai sebagai makanan, obat-obatan serta bahan mentah pembuatan parfum atau dupa. 

Ada beberapa rempah-rempah dalam Alkitab yang biasa digunakan untuk kesehatan:

- Jintan adalah salah satu rempah-rempahan yang mengandung kalsium, kalium, zat besi dan vitamin B kompleks. 

- Kayu manis dijadikan sebagai aromaterapi karena aromanya yang wangi. Tapi juga tetap bisa digunakan sebagai bumbu penyedap untuk makanan maupun campuran minuman. 

- Bawang putih merupakan rempah yang biasa digunakan sebagai penambah aroma pada makanan. Tapi perlu diketahui, bawang putih berkhasiat untuk menyembuhkan sakit jantung dan memulihkan sistem metabolisme tubuh. 

- Ketumbar, kemenyan, mint, adas manis, balsam, gaharu, mur dan rue merupakan rempah-rempahan yang berkhasiat untuk penyembuhan penyakit tertentu baik pencernaan, luka, maupun infeksi pada organ tubuh.

8. Kacang Merah dan Polong

“…tempat tidur, pasu, periuk belanga, juga gandum, jelai, tepung, bertih gandum, kacang babi, kacang merah besar, kacang merah kecil…” – 2 Samuel 17: 28

Kacang atau lentil (polong-polongan) merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Kacang-kacangan ini bisa dijadikan sup atau bubur yang enak dan berkhasiat untuk pemulihan pencernaan dan juga kondisi tubuh yang lemah. 

Yakub dan Esau sendiri mengkonsumsi sup dari kacang merah (Kejadian 25: 30). Sementara Daniel kerap mengkonsumsi kacang-kacangan yang sehat (Daniel 1: 12-13).

Kacang polong sendiri mengandung antioksidan yang tinggi, rendah lemaj jenuh dan baik bagi kesehatan. 

 

Baca Juga: Kata Alkitab: Benarkah Nggak Ada Yang Haram Buat Orang Kristen? - Ps. Ferry Felani

 

9. Buah Badam (Almond)

“Lalu Israel, ayah mereka, berkata kepadanya: "Jika demikian, perbuatlah begini: Ambillah hasil yang terbaik dari negeri ini dalam tempat gandummu dan bawalah kepada orang itu sebagai persembahan: sedikit balsam dan sedikit madu, damar dan damar ladan, buah kemiri dan buah badam.” – Kejadian 43: 11

Buah badam atau almond merupakan cemilan rendah kalori. Ada beberapa kali disebutkan dalam Alkitab dan mengandung magnesium dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Kacang almond ini biasa dikonsumsi sebagai cemilan maupun taburan dalam salad dan juga kue. 

10. Rami

“Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya.” – Amsal 31: 13

Di zaman Alkitab rami biasa dipakai sebagai bahan pembuatan kain linen. Tapi di sisi lain, rami juga bisa dijadikan sebagai obat karena serat, asam lemak omega-3, protein dan lignannya yang tinggi. Rami juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga gula darah, kolesterol dan bahkan pencegah kanker.

Nah, buat kamu yang hendak memulai puasa atau berbuka bisa menaburkan sejumput rami ke dalam sereal, smoothie dan pangganganmu. Minyak biji rami juga bisa dikonsumsi sebagai campuran untuk makanan.

Ini hanyalah sebagian dari makanan penyembuh yang ditulis dalam Alkitab. Jadi, cobalah mengkonsumsi beragam makanan di atas secara teratur.

 

Apakah kamu butuh dukungan doa? Hubungi SAHABAT 24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/yjInginDidoakan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami