Claudia Jessica

Official Writer
398


Banyak orang sering kali menderita insomnia ketika malam tiba. Insomnia adalah gangguan tidur umum yang dapat membuatmu sulit untuk tidur, sulit untuk tetap tertidur atau menyebabkan terbangun terlalu dini dan tidak bisa kembali tidur.

Kamu mungkin masih merasa lelah ketika bangun. Insomnia sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, kebahagiaan yang rendah, memiliki perasaan tertekan, bahkan ada juga yang gangguan tidurnya tidak terpengaruh oleh hidup yang penuh tekanan.

Baca juga: Buat yang Insomnia Cobain Moon Milk Yuk, Minuman Ini Lagi Ngetren di Amerika Loh!

Bermacam-macam dan sangat berbeda sesuai dengan tingkatannya. Kamu tidak sendiri, ada 10 persen atau setidaknya sekitar 28 juta orang Indonesia juga menderita insomnia. Jumlah tidur yang dibutuhkan setiap orang tergantung pada banyak faktor, termasuk usia.

Bagi kebanyakan orang dewasa, jumlah tidur terbaik adalah tujuh hingga delapan jam semalam. Namun, beberapa orang mungkin membutuhkan sedikitnya lima jam atau sebanyak 10 jam tidur.

Jika kamu kurang tidur untuk waktu yang lama, bicarakan dengan dokter. Seiring waktu, kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraanmu secara keseluruhan. Jika kamu mengalami masalah tidur, cobalah beberapa strategi sederhana ini dari pakar tidur Michelle Drerup, PsyD, DBSM.

Baca juga: Insomnia Memang Menyiksa, Hal Ini Akan Membantumu Untuk Nggak Insomnia Lagi

1. Perlakukan tidur yang cukup seperti sama pentingnya dengan minum obat.

Dengan semua tuntutan yang kita miliki, kita mungkin menempatkan istirahat malam yang baik tidak pada prioritas utama kita. Tetapi dikutip dari health.clevelandclinic.org Dr. Drerup mengatakan kita perlu menjadwalkan waktu yang cukup untuk tidur.

"Sangat mudah untuk begadang dan membakar lilin di kedua ujungnya," katanya. "Namun, ketika kamu melakukan itu, kamu dengan cepat mengalami masalah berurusan dengan kurang tidur."

2. Pertahankan waktu bangun yang konsisten

Bangunlah pada waktu yang sama setiap hari termasuk di akhir pecan ataupun hari libur. Bangun di waktu yang sama setiap hari bisa membantumu untuk tidur lebih nyenyak ketika malam hari.

Terlalu banyak tidur pada akhir pecan membuatmu lebih sulit untuk tertidur pada malam berikutnya dan membuatnya menjadi jauh lebih sulit untuk bangun lebih awal pada Senin pagi.

Baca juga: Saat Insomnia Menyerang, Bacalah 3 Ayat Mazmur Ini

Dr. Drerup juga merekemendasikan untuk melakukan aktivitas relaksasi seperti mandi air hangat atau membaca buku sebelum tidur.

3. Jauhkan ponsel dan gadget lainnya

Perangkat elektronik membuat pikiran kita terganggu dan jauh dari kondisi santai yang harus kita capai sebelum tidur. Perlu diketahui, sebelum kita dapat benar-benar tidur, tubuh harus merasa nyaman dan santai.

Namun jika kamu terus bermain ponsel atau gadget lainnya, hal ini akan memperlambat proses tidurmu.

4. Jika terbangun, hindari melihat jam

Sering kali kita terbangun di malam hari ketika tidur. Entah karena mau buang air kecil, perasaan tidak nyaman atau lain sebagainya.

Dr. Drerup mengatakan "Begitu kamu melihat pada waktu itu bukan hanya melihat satu nomor," "Kamu memulai perhitungan mental, kamu berpikir tentang sudah berapa lama sejak kamu berada di tempat tidur dan apa yang harus kamu lakukan pada hari berikutnya. Dan sebelum kamu menyadarinya, waktu yang lama telah berlalu dan itu memotong waktu tidur kamu."

Namun jika memang kamu perlu mengetahui jam ketika kamu terbangung, segeralah pergi ke kasur dan kembali tidur. Jangan memikir hal lain.

Baca juga: Sudah Lakukan Banyak Cara Tapi Insomnia Tetap Nggak Sembuh Juga?Coba ikuti 7 Cara Aneh Ini

Jika kamu merasa cemas karena tidak bisa tidur, alih-alih menonton atau bermain ponsel, kamu bisa beranjak dari tempat tidurmu, lakukan peregangan, membaca buku dengan santai, mendengarkan lagu dapat membantumu merasa mengantuk. Atau bahkan kamu juga bisa melakukan saat teduh untuk menenangkan hatimu dan ketika kamu mulai merasa aman dan nyaman, kamu bisa segera pergi tidur.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

Banner Mitra April Week 2