Naomii Simbolon

Official Writer
1719


Meski tampaknya mudah, sulit tidur bukanlah perkara yang gampang. Kalau kamu merasakan gejala ini, secepatnyalah cari solusi untuk mengatasi karena jika dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Nggak perlu cari obat tidur yang justru menjadi masalah buat kesehatan kamu.

Untuk sebagian orang, tidur hanyalah butuh tempat. Kapanpun dia ingin tidur, dia bisa segera tidur dengan nyenyak dan bangun kembali dengan kondisi tubuh lebih segar. Tetapi ada juga orang yang mengalami hal yang sebaliknya. Mereka sulit tidur hingga bergadang semalaman. Meski udah memilih kamar yang nyaman dengan pendingin yang memadai, waktunya juga luang, namun tetap saja nggak bisa tidur dengan cepat.

Penyakit sulit tidur biasanya dikenal dengan sebutan insomnia ini, bukanlah gangguan yang sembarangan. Ada yang bilang kalau insomnia bukanlah penyakit tapi gejala kelainan dalam waktu tidur saja. Dan gejala tersebut biasanya diikuti dengan gangguan fungsional tubuh.

Penyebab insomnia pada umumnya berupa stress, faktor psikologis, perubahan jam kerja, salah minum obat atau pengaruh obat tertentu dan sebagainya. Walaupun mungkin banyak yang menganggap bahwa imsomnia adalah masalah sepele tapi sebenarnya ini bisa menjadi sebuah masalah berat buat kesehatan.

Nah, untuk kamu yang alami insomnia alias susah tidur, beberapa tips dibawah ini akan membantumu:

1.   Pilih warna yang tepat


Yap! Mungkin kamu bosan dengan warna ruanganku. Cobalah ganti warna dekorasi kamar kamu dengan warna yang tepat. Menurut sejumlah ahli, warna mempengaruhi psikologis orang. Dan kalau seseorang berada di dalam ruangan dengan warna yang nggak dia sukai, hal ini akan membantu pola tidurnya pula.

Kalau bingung pilih warna,  hasil riset menyebut bahwa warna biru muda atau hijau muda adalah pilihan yang tepat karena memberi efek relaksasi, tenang, menyenangkan, damai dan penuh harapan. Warna yang kalem seperti krem, merah muda, bisa juga menenangkan saat menjelang tidur.

2. Ganti kasur kamu dengan yang sesuai

Bisa jadi kesulitan tidur karena masalah kasur lho. Mungkin nggak disadari bahwa gangguan itu terjadi setelah memberi kasur baru. Karena itu, saat beli kasur mesti dirasakan kira-kira keempukannya cocok atau nggak.

3. Kurangi cahaya lampu dalam kamar kamu


Gunakan cahaya lampu yang redup agar kamu bisa tidur dengan nyenyak, bahkan jika perlu matikan lampu kamar agar jadi gelap. Pastikan bahwa kamu memiliki gorden atau tirai pada jendela kamar karena bisa aja pancaran cahaya lampu kenderaan menjadi penghalang bagi kamu yang kebetulan posisi kamarmu menghadap jalan.

4. Alat elektronik


Begitu sibuknya kehidupan sampai kita menjadikan kamar tidur sekaligus untuk tempat kerja. Komputer dipasang juga di dalam kamar. Begitu pun dengan elektronik lainnya seperti televisi. Mungkin kedua alat elektronik ini telah mengganggu tidur kita. Karena itu, jika hendak tidur matikan alat elektronik terlebih dulu.

BACA JUGA: Pencegahan Jantung di Usia Muda. Ingat Hidupmu Berharga

Perlengkapan elektronik yang berada di kamar tak hanya dua benda itu. Kita memiliki telepon seluler di mana kita tak bisa mengontrol panggilan atau pesan yang masuk. Kadang meski bunyi nada panggil sudah dimatikan, cahaya berkilat-kilat dari layar handphone itu bisa mengganggu. Apalagi ada handphone yang memiliki lampu standby yang berkedip setiap saat. Karena itu, letakkan alat komunikasi itu pada posisi yang tak akan mengganggu kita tidur.

Nah, demikian 4 hal yang wajib kamu ketahui dan juga perlu kamu lakukan kalau nggak mau diserang insomnia melulu sehingga bikin kesehatan dan konsentrasi kamu terganggu.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7247

Banner Mitra Juli 1-2