Hidup Banyak Drama Justru Pertanda Keselamatan Tuhan Setiap Hari
Kalangan Sendiri

Hidup Banyak Drama Justru Pertanda Keselamatan Tuhan Setiap Hari

Inta Official Writer
      3580

Mazmur 71:15

"Mulutku akan menceritakan keadilan-Mu dan keselamatan yang dari pada-Mu sepanjang hari, sebab aku tidak dapat menghitungnya."

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 44; 2 Timotius 2; Yesaya 41-42

Pernahkah kamu berpikir kalau salah satu kejadian yang terjadi dalam hidupmu adalah salah satu cata Tuhan untuk menyelamatkanmu dari sebuah bahaya?

Belakangan ini saya menyadari bahwa Tuhan telah menaruh sebuah naskah dalam kehidupdan saya, juga kita semua. Dan Dia selalu dapat menyelamatkan kita dari setiap bahaya dan ancaman.

Saya sedang membaca Mazmur 71, khususnya pada ayat di atas. Kemudian, saya mulai merefleksikan apa yang dimaksud dengan 'keselamatan sepanjang hari' yang tertulis dalam ayat tersebut.

Saya tidak menyadari seberapa sering keselamatan tersebut terjadi dalam keseharian yang saya jalani. Kemudian, saya mulai berpikir soal kejadian yang terjadi dalam kehidupan saya. Mungkinkah Tuhan menyelamatkan saya lewat sesuatu kejadian dramatis dan bahaya, yang bahkan tidak saya sadari?

Baru saja saya mengeluh kepada Tuhan ketika saya melewatkan belokan saat berada dalam perjalanan pulang. Waktu itu, saya baru saja selesai menjadi pembicara pada sebuah acara. Seharusnya saya memutar agar bisa lewat jalan alternatif.

Namun, tidak lama setelah melewatkan belokan tersebut, saya mendapati kalau ada kecelakaan mobil di dekat rumah. Saat itu, saya langsung bersyukur kepada Tuhan karena tidak lewat jalan alternatif tersebut.

Seberapa sering Tuhan menyelamatkan kita dalam keseharian? Seperti yang dituliskan oleh pemazmur, ada terlalu banyak kejadian untuk disimpulkan. Mungkin, sama seperti yang saya alami, kita terlalu sering terperangkap dalam drama, tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, sehingga kita gagal melihat cara Tuhan untuk menyelamatkan kita?

Contoh kalau tangan Tuhan menyelamatkan kita dalam kegiatan sehari-hari.

1. Ada satu pekerjaan yang sangat ingin kita dapatkan, tetapi kita tidak mendapatkannya. Tidak lama kemudian, kita dapat kabar kalau pekerjaan tersebut mengalami kebangkrutan.

2. Kalau aja nggak ketinggalan kunci di garasi, mungkin kita nggak akan bisa mengangkat sebuah telepon yang penting.

3. Saya senang karena gagal dalam hubungan yang sebelumnya, kalau tidak, mungkin kita nggak akan dipertemukan dengan pasangan yang jauh lebih baik seperti sekarang ini.

Tuhan mungkin mengizinkan keadaan yang tidak terduga untuk terjadi, semata-mata untuk membawa kita terhindar dari masalah. Mulai sekarang, cobalah untuk bersyukur atas drama-drama yang kita hadapi saat ini, karena percaya deh, kalau Dia itu masih ada untuk kita dan tanganNya selalu terbuka buat kita.

Mungkin inilah salah satu alasan kenapa Paulus mengingatkan kita untuk bersyukur dalam segala hal, seperti dalam 1 Tesalonika 5:18, "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu."

Doa: Tuhan, sudah berapa kali saya mengeluh tentang keadaan, sementara sebenarnya Tuhan sendiri tengah melindungi saya dari sesuatu yang jauh lebih buruk lagi. Bantu saya untuk bisa mempercayaiMu. Saya percaya kalau Engkau yang pegang kendali atas kehidupan saya dan selalu memberikan yang terbaik buat saya.

Cerita diadaptasi dari buku Cindi McMenamin, Drama Free, © 2017, diterjemagkan dan digunakan dengan izin.

 

Ikuti Kami