Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Bukan Cuma Menerima, Tapi Mengucap Syukurlah Seperti Salah Satu Orang Kusta Ini Sumber : Google

26 November 2017

November 2017
MonTueWedThuFriSatSun
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930
 769
[Daily Devotional]

Bukan Cuma Menerima, Tapi Mengucap Syukurlah Seperti Salah Satu Orang Kusta Ini

Mazmur 86: 12-13

Aku hendak bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allahku, dengan segenap hatiku, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya; sebab kasih setia-Mu besar atas aku, dan Engkau telah melepaskan nyawaku dari dunia orang mati yang paling bawah.


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmu148; Wahyu4; Ester1-2

Meskipun kita bisa saja hanya menikmati makanan di meja kita saat momen Thanksgiving, tapi kita juga perlu tahu soal hasil penelitian terbaru ini. Sebuah studi menemukan bahwa sikap hati bersyukur sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik dan emosional kita.

Selain itu, bersyukur juga ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan suplai darah ke dalam jantung. Melatih diri atau membuat jurnal syukur mingguan juga bisa meningkatkan kewaspadaan, antusiasme dan tenaga kita serta memperbaiki pola tidur kita. Mereka yang suka bersyukur juga akan cenderung terhindar dari stress dan depresi.

Rasa syukur memang tidak muncul secara langsung dalam diri kita. Kita bisa belajar bersyukur seperti dalam Lukas 17: 11-19, dimana saat itu Yesus melewati sebuah desa dan bertemu dengan sepuluh orang kusta yang ingin sekali sembuh dari penyakit itu. Awalnya, mereka mengambil jarak dari kejauhan dan berseru kepada Yesus, “Yesus, Guru, kasihanilah kami!” Tapi Yesus malah menyuruh mereka pergi menampakkan diri kepada para imam. Tapi waktu kesepuluh penderita kusta ini menuruti perintahNya dan berjalan, penyakit kulit mereka pun sembuh.

Setelah menampakkan diri kepada para imam, salah satu dari mereka kembali kepada Yesus. Dia tersungkur di bawah kakiNya. Yesus pun heran bahwa hanya ada satu orang saja yang kembali untuk berterima kasih kepada-Nya. “Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu?” (ayat 17). Dia juga merasa heran bahwa orang yang datang itu adalah warga Samaria, suku yang justru dibenci dan dijauhi orang-orang Yahudi.

Kisah ini mengingatkan kita bahwa Yesus sangat senang menerima ucapan terima kasih si penderita kusta itu. Itu sebabnya,berterima kasih atau mengucap syukur adalah sikap yang penting dimiliki orang Kristen. Ini juga adalah perintah langsung dari Tuhan .

Di dalam Perjanjian Lama, Allah menetapkan peraturan khusus supaya orang Israel membawa persembahan syukuran. Dalam Perjanjian Baru, orang-orang percaya diperintahkan untuk mengucap syukur dalam segala hal (1 Tesalonika 5: 18). Dalam hal ini, Allah bahkan meminta kita untuk selalu mengucap syukur sekalipun dalam kemalangan, masalah dan di tengah cobaan.

Raja Daud adalah sosok yang tidak pernah melupakan perbuatan-Nya atas bangsa Israel dan atas hidupnya secara pribadi. Meskipun dia mengalami kekecewaan, penderitaan, dan sakit hati, Daud tetap tak lupa untuk mengucap syukur kepada Penciptanya dan Tuhannya. Sikap bersyukur menjadi dasar penyembahannya kepada Allah.

Menumbuhkan sikap bersyukur menjadi bentuk penghormatan bagi Allah dan juga bisa menguatkan iman kita. Hal ini juga bisa memperkuat hubungan kita dengan orang lain. Kita tidak bisa berada dalam hubungan yang benar dengan Tuhan atau siapapun tanpa bersyukur. Tak peduli masalah apa yang sedang kita hadapi, jangan menjadi seperti kesembilan orang kusta itu. Yang lupa untuk berterima kasih kepada sang ‘penyembuh’ mereka.

Nah, tanyakanlah pada dirimu sendiri: Seberapa seringkah aku sudah mengucap syukur kepada Tuhan atau menyampaikan terima kasih kepada orang lain?

Sumber : Dianne Neal Matthews/Cbn.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:29:53

Tlong tegaskan lagi apa gunanya BPJS. Ibunda sya s.. more..

1 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:24:26

Sya mnta bntuan buat ibunda q trsyang agar lepas d.. more..

1 Answer


Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Lielie Love 13 December 2017 - 21:49:20
Sy ingin punya pasangan hidup yg bukan hanya cinta... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us