Jangan Lengah, Iblis Bisa Menyerang Kapan Saja! Gunakan Perlengkapan Senjata Allah

Jangan Lengah, Iblis Bisa Menyerang Kapan Saja! Gunakan Perlengkapan Senjata Allah

Puji Astuti Official Writer
      2819

Efesus 6:3

Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 128; Yohanes 5; Yeremia 32-33

Apakah kamu tahu kalau asal-usul Halloween? Hal ini kembali ke festival Samhain, yang dirayakan oleh bangsa Celtic di Inggris kuno dan Irlandia pada malam hari sebelum All Saints Day.

Mereka percaya roh orang mati kembali mengunjungi rumah duniawi mereka pada tanggal 1 November. Bangsa Celtic membangun api unggun untuk memberikan pengorbanan, menyalakan perapian, dan menakut-nakuti roh jahat. Orang-orang kadang memakai topeng agar tidak dikenali oleh roh-roh itu.

Bangsa Romawi menaklukkan bangsa Celtic pada tahun 43 M dan menggabungkan Samhain dengan dua festival musim gugur mereka. Meskipun gereja kemudian membuat 1 November sebagai hari suci, namun orang-orang mempertahankan beberapa kebiasaan pagan kuno.

Koloni Amerika awal sebagian besar dilarang merayakan Halloween, namun sejumlah besar imigran dari Irlandia dan Skotlandia membawa kebiasaan Halloween bersama mereka, dan ini menjadi hari libur yang populer pada pertengahan abad kesembilan belas.

Jika menyangkut roh jahat, kita bisa membuat satu dari dua kesalahan serius. Beberapa orang menolak keberadaan makhluk gaib sebagai legenda yang tersisa dari masa ketidaktahuan dan takhayul.

Lalu ada orang yang pergi ke ekstrem yang lain dan melihat bukti keberadaan setan dalam hal-hal yang dikaitkan dengan tanda-tanda alam, psikologi, atau konsekuensi dari tindakan mereka sendiri.

Alkitab menunjukkan banyak contoh roh jahat yang bekerja di dunia.

Dalam Efesus 2: 2, Paulus mengidentifikasi Setan sebagai:

"Penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka."

Injil menunjukkan bahwa Yesus memiliki kendali atas Setan dan roh-roh jahat, atau malaikat-malaikat yang jatuh. Lukas 4:36 mengatakan,

Maka berkatalah Ia kepada mereka: "Tentu kamu akan mengatakan pepatah ini kepada-Ku: Hai tabib, sembuhkanlah diri-Mu sendiri. Perbuatlah di sini juga, di tempat asal-Mu ini, segala yang kami dengar yang telah terjadi di Kapernaum!"

Paulus menjelaskan bahwa kita membutuhkan baju zirah yang disediakan oleh Tuhan karena kita berperang melawan, "pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara." (Efesus 6:12).

Halloween bisa dianggap hari liburan anak-anak, tapi roh jahat itu nyata dan kita membutuhkan perlengkapan senjata Allah yang harus kita pakai setiap hari.

Kutipan dari  The One Year: On This Day, oleh Dianne Neal Matthews, Tyndale House Publishers, Inc. (1 Oktober 2005). Digunakan dengan izin.

Ikuti Kami