Apa Yang Dimaksud Dengan Angka 666 Dalam Kitab Wahyu?

Kata Alkitab / 22 June 2016

Kalangan Sendiri

Apa Yang Dimaksud Dengan Angka 666 Dalam Kitab Wahyu?

Puji Astuti Official Writer
89533

Salah satu bagian di Alkitab yang menarik banyak orang adalah tentang angka 666 - bilangan binatang - yang sering juga disebut sebagai simbol antikris. Kita bisa menemukan angka ini dalam Wahyu 13:18

"Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam."

Perhatikan kalimat yang ditulis oleh Rasul Yohanes di atas karena sangat penting, Yohanes mengatakan bahwa kita harus "menghitung" bilangan itu, artinya bahwa ada makna dibalik angka tersebut. Bagaimana cara menghitungnya?

Simbolisasi angka

Salah satu pilihan untuk mengungkap misteri Alkitab adalah gematria. Gematria adalah sebuah sistem tradisional Yahudi-Babylonia-Yunani untuk menghitung nilai huruf pada suatu kata atau frasa, dengan keyakinan bahwa kata-kata atau frasa-frasa bernilai sama mempunya hubungan tertentu satu sama lain.

Banyak orang menganggap sistem tersebut banyak spekulasinya, namun bagi masyarakat Yahudi dan Yunani kuno huruf alfabet biasanya juga mewakili angka. Sebagai contoh jumlah 153 ikan pada kisah di Yohanes 21:11 bisa diterjemahkan sebagai simbol kuno gereja, tubuh kristus. Bahasa Yunani untuk burung dara, memiliki nilai angka sebagai yang pertama dan terakhir dari alfabet Yunani, hal ini menyimbolkan Alfa dan Omega (Wahyu 1:8). 

Menghitung 666

Ketika bicara angka 666, salah satu penjelasan yang diberikan ahli gematria adalah angka tersebut mewakili Kaisar Nero. Nama Kaisar Neron dalam huruf Yunani jika dijumlah adalah 1.005, tetapi jika nama itu diterjemahkan dalam bahasa Ibrani maka hurufnya adalah nrwn qsr, dan jika dijumlahkan adalah 666. Kaisar Nero juga masuk dalam jumlah angka "binatang" (616) yang muncul dalam beberapa ayat di Perjanjian Baru. Beberapa ahli berpikir bahwa Yohanes mengarah kepada Nero Redivivus yang memiliki mitos bahwa kaisar tersebut akan bangkit dari kubur untuk menghancurkan ke-Kristenan. 

BACA JUGA: Mengapa 666 Disebut Sebagai Tanda Binatang?

Walau demikian ada banyak masalah dalam sistem penghitungan gemetria ini yang masih belum disepakati oleh para ahli Alkitab. 

Sudoku Purbakala

Ini adalah kemungkinan lainnya: 666 adalah sebuah kotak ajaib. Sejak jaman perbakala para ahli filosofi dan matematika sangat terkesan dengan angka 1 hingga 36 bisa atur menjadi sebuah kotak segi empat yang tiap barinya dan diagonal dapat dijumlah menjadi angka yang sama (prinsip yang sama dengan Sudoku moderen). Satu kotak memiliki empat baris dan dua diagonal yang jika keseluruhannya di jumlah menjadi 111. Enam baris 111=666. Setiap kotak ajaib dalam budaya Ibrani dan Yunani kuno berhubungan dengan mahluk roh. Dalam hal ini angka 666 mengarah kepada matahari, yang ada hubungannya dengan Dewa Zeus, dewa tertinggi dalam mitologi Yunani. 

Zeus juga berhubungan dengan Baal, agama orang Kanaan pada jaman Israel kuno. Jadi "binatang" dalam kitab Wahyu bisa diartikan berhubungan dengan "Baal-Shamem", penguasa kegelapan pada jaman Perjanjian Lama. Jadi banyak ahli menyimpulkan bahwa angka 666 ini berhubungan dengan akan munculnya kuasa kegelapan yang akan berkuasa. 

Jadi, pada akhirnya kita tidak bisa tahu dengan pasti apa maksud dari angka 666. Namun yang pasti semua yang dituliskan oleh Rasul Yohanes adalah sebuah peringatan bagi Gereja Tuhan, yaitu kita yang percaya kepada Yesus Kristus untuk mempersiapkan diri seperti ilustrasi Gadis Bijaksana yang disampaikan Yesus, sehingga kapanpun saatnya tiba, kita siap untuk pulang ke rumah Bapa, baik kita melihat dan mengalami sendiri pengangkatan ataupun setelah kita mati dan dibangkitkan untuk bersama-sama menyambut Anak Allah yang Hidup memerintah. 

Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga. ~ Matius 24:44

BACA JUGA: Ditawari Nomor 666, Atlet SMA Pilih Mundur dari Lomba

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami