Paus Fransiskus Tolak Donasi Karena Angka 666

Internasional / 16 June 2016

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Tolak Donasi Karena Angka 666

daniel.tanamal Official Writer
10301

Paus Fransiskus untuk pertama kalinya menolak sebuah donasi karena dirinya tidak suka dengan angka dari sumbangan tersebut yaitu 16.666.000 peso (Rp 16,2 miliar). Alasannya, jumlah itu terdapat angka 666 yang dikenal sebagai angka Iblis. Donasi itu sendiri diberikan oleh Presiden Argentina Mauricio Macri.

Penolakan ini disebut-sebut banyak pihak semakin memperuncing ketegangan diantara kedua tokoh tersebut. Paus Fransiskus, yang merupakan mantan Uskup Agung Buenos Aires, telah lama mendukung program sosial di negara asalnya, Argentina, tapi tak biasa bertemu langsung dengan Presiden yang berasal dari partai sayap kanan, yang lebih berorientasi ke arah ekonomi.

Sejumlah kebijakan Presiden Macri, seperti kenaikan tarif listrik rumah tinggal hingga 500 persen dan kenaikan ongkos transportasi 100 persen yang telah memukul warga miskin di Argentina, sangat tak disukai pemimpin tertinggi otoritas Vatikan tersebut. Sementara itu, donasi tersebut diberikan atas nama pemerintah Argentina kepada Yayasan Pendidikan Scholas Occurentes yang disponsori Paus Fransiskus.

Menurut media internal, Vatican Insider, yang berfokus pada urusan kepausan, mengabarkan, Paus Fransiskus telah menulis surat kepada cabang yayasannya di Argentina dan meminta mereka mengembalikan sumbangan Presiden. Dalam surat itu, Paus Fransiskus dikabarkan menulis: “Saya tak suka angka 666.” Sampai saat ini belum jelas mengapa jumlah uang donasi itu berjumlah 16.666.000. 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami