Mintalah Berkat Kepada Tuhan
Kalangan Sendiri

Mintalah Berkat Kepada Tuhan

Mega Permata Official Writer
      6032

“Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: “Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?” Dan Ia berfirman kepadanya: “Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.” 1 Samuel 30:8

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]Mazmu130[/kitab]; [kitab]iiKor3[/kitab]; [kitab]iSamu26-27[/kitab]

Alkitab menceritakan bahwa ketika Daud berhadapan dengan musuh atau halangan menghadangnya lagi dan lagi, Raja Daud akan segera "meminta petunjuk Tuhan."

Seperti dalam 1 Samuel 30, kita melihat bahwa sementara Daud dan orang yang dahsyat pergi untuk melakukan penyerangan dimana orang Amalek datang ke perkemahan mereka dan membawa pergi semua wanita dan anak-anak. Alkitab mengatakan bahwa Daud menghadapi bahaya dari orang-orangnya sendiri yang bingung dengan tragedi ini. Tapi Daud bertanya kepada Tuhan untuk meminta bantuan-Nya.

Daud kini dalam bahaya besar karena semua anak buahnya yang sangat pedih hatinya karena kehilangan anak-anak mereka, dan mereka mulai berbicara akan melempari dia dengan batu. Tapi Daud menemukan kekuatan dalam TUHAN, Allahnya. Lalu ia berkata kepada imam Abyatar, "Bawalah efod itu kepadaku" Maka Abyatar membawanya. Kemudian Daud bertanya kepada TUHAN, "Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?" Dan TUHAN menjawab kepadanya, "Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.” (1 Sam 30: 6-8)

Seringkali ketika menghadapi perjuangan kita tergoda untuk berpaling dari Tuhan dengan marah atau sakit hati. Tetapi ini adalah saat-saat penting untuk menghadap kepada Tuhan dan mencari wajah-Nya dan nasihat-Nya. Daud bisa saja berputus asa dan lari dari Allah pada saat itu, dan mungkin itu menjadi hal terakhir yang kita denganr dari Daud. 

Tapi dia tidak lari dari Tuhan melainkan ia berlari menghadap Tuhan. Dan saya percaya ini adalah kunci keberhasilannya. Dia bertanya kepada Tuhan, "Haruskah aku mengejar gerombolan itu?" Lalu ia menunggu Tuhan untuk menjawab pertanyaannya.

Sering kali kita meminta Tuhan untuk "memberkati apa yang kita lakukan," dan itu adalah doa yang baik dan penting. Tapi yang terbaik adalah mencari tahu rencana Allah di dalam doa-doa Anda, sehingga Dia akan mengarahkan Anda untuk menjadi “lakukan pada apa yang Ia telah berkati.”

Alkitab mengajarkan kita bahwa Daud mendengarkan suara Tuhan dan kemudian mengikuti perintah-Nya. Dan kita diberitahu bahwa Allah memberkati apa yang Daud lakukan:

Daud mengambil semua yang telah orang Amalek rampas dan terlebih ia menyelamatkan kedua istrinya. Tidak ada yang hilang pada mereka, dari hal yang kecil hingga hal besar, anak laki-laki dan anak perempuan, dan dari jarahan sampai segala sesuatu yang telah dirampas mereka; semuanya itu dibawa Daud kembali. (1 Sam 30: 18-19)

Hari ini, ketika Anda berdoa, mintalah pada Tuhan bahwa dalam setiap bidang kehidupan Anda adalah sesuai dengan perintah-Nya dan sudah diberkati-Nya. Kemudian mendengarkan suara Tuhan, dan ketika Anda mendengarnya, lakukanlah karena itu adalah nikmat dari Tuhan.

Ikuti Kami