Mengusir Ketakutan dan Kecemasan
Kalangan Sendiri

Mengusir Ketakutan dan Kecemasan

Puji Astuti Official Writer
      9555
Show English Version

Yohanes 20:19

Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu97[/kitab] ; [kitab]Lukas9[/kitab] ; [kitab]Yosua5-6[/kitab]

Malam setelah Paskah, beberapa perempuan pengikut Yesus memberi kesaksian bahwa Yesus telah bangkit dan mereka berjumpa dengan Dia. Namun para murid Yesus tidak percaya begitu saja. Mereka baru saja kehilangan Yesus, guru dan panutan mereka dengan cara yang brutal di depan mata mereka sendiri. Rasa takut, cemas, dan kuatir menghantui mereka karena ancaman dan ketidakpastian yang mereka hadapi.

Namun tiba-tiba Yesus muncul di tengah-tengah mereka dan berkata, "Damai sejahtera bagi kamu!" Ya, hal itulah yang mereka butuhkan, kehadiran Yesus dan damai sejahtera. Kehadiran Yesus menjadi bukti bahwa Tuhan yang mereka percaya telah bangkit dan mengalahkan maut. Damai sejahtera yang Yesus sampaikan mengusir semua ketakutan dan kecemasan mereka. Para murid itu menemukan sebuah kekuatan baru, mereka mendapatkan kembali keyakinan dan keberanian untuk menghadapi masa depan.

Seberapa sering kita mengalami perasaan takut, cemas dan kuatir seperti yang dialami murid-murid Yesus saat itu? Kita tidak bisa melihat masa depan, tidak menemukan pengharapan, keyakinan kita goyah karena kesulitan hidup dan himpitan dari dunia ini.

Jika Anda mengalami hal itu, mari kembali berfokus kepada Yesus. Kita tidak perlu seperti Tomas yang harus melihat Yesus yang menunjukkan lubang pada tangan dan kakinya untuk meyakini kemenangannya atas maut. Yesus telah menang atas maut, Ia telah bangkit dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Untuk itu kita tidak perlu takut dan kuatir apapun masalah yang kita hadapi. Ia memberikan damai sejahtera yang melebihi segala akal bagi kita untuk memelihara hati dan pikiran kita agar tetap berfokus kepada-Nya ([kitab]filip4:7[/kitab]).

Dunia ini penuh ketidakpastian, namun ada satu fakta yang pasti dan bisa kita percaya : Yesus telah bangkit dan mengalahkan maut. Untuk itu kita yang percaya kepada-Nya tidak perlu takut akan apapun juga.

Ikuti Kami