Error Akibat Kelebihan Beban
Kalangan Sendiri

Error Akibat Kelebihan Beban

Puji Astuti Official Writer
      5767
Show English Version

Imamat 23:3

Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, yakni hari pertemuan kudus; janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah sabat bagi TUHAN di segala tempat kediamanmu.

Bacaan Alkitab Setahun  [kitab]Mazmu30[/kitab] ; [kitab]Kisah2[/kitab] ; [kitab]Kelua9-10[/kitab]

Jika sebuah komputer atau smartphone mengalami kelebihan beban pada memorinya karena banyaknya aplikasi yang digunakan, maka alat tersebut akan menjadi lambat atau bahkan error/rusak. Beban berlebihan bukan hanya berakibat buruk bagi alat elektronik, manusia jika mengalami kelelahan akibat beban pekerjaan yang berlebihan juga bisa stres.

Salah satu tanda orang mengalami kelebihan beban adalah kelelahan yang amat sangat sehingga orang itu kehilangan gairah bahkan putus asa dan ingin berhenti bekerja. Menurut sebuah penelitian, saat ini di Amerika hampir 62% pekerja disana mengalami kelebihan beban ini. Hal yang sama mungkin saat ini Anda alami.

Banyak orang mengalami kelelahan karena banyaknya tuntutan pekerjaan dan jam kerja yang berlebihan. Pada akhirnya hal itu berdampak buruk bagi kesehatan mereka baik secara fisik, mental maupun spiritual. Namun Tuhan tahu bahwa manusia butuh istirahat, bahkan Ia memberi teladan dan perintah yang jelas tentang hal ini dengan mengkuduskan hari Sabat.

Di hari Jumat ini, kita diingatkan kembali untuk memberi waktu bagi diri kita untuk beristirahat. Karena jika manusia kelebihan beban kerja, ia tidak lagi bisa produktif, sebaliknya bahkan malah menjadi dekstruktif. Siapkan diri Anda untuk menikmati hari Sabat pada akhir minggu ini, dimana Anda beristirahat secara fisik dan mental. Selain itu gunakan waktu istirahat Anda di akhir minggu ini untuk mempererat hubungan dengan Tuhan dan keluarga Anda.

Segala sesuatu memiliki batas kemampuan untuk bekerja, ada waktunya untuk berhenti dan beristirahat sehingga Anda bisa mulai kembali bekerja lagi nanti dengan lebih efektif.


Ikuti Kami