Menang Dengan Jujur
Kalangan Sendiri

Menang Dengan Jujur

Lori Official Writer
      5173
Show English Version

2 Timotius 2: 5

Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga

 

Bacaan Alkitab Setahun:[kitab]Mazmu45[/kitab]; [kitab]IITim3[/kitab]; [kitab]Yesay43-44[/kitab]

Turnamen sepakbola FIFA Fair Play 2001 menjadi salah satu ajang sepakbola yang tentu saja masih banyak dikenang para pecinta bola. Salah satu kenangan manisnya adalah sosok Paolo di Canio dimana timnya West Ham bertemu tanding dengan Everton. Kala itu, di Canio melakukan tindakan yang cukup mencengangkan dunia sepakbola. Ia lebih memilih untuk menghentikan pertandingan disaat peluang besar mencetak gol ke gawang Everton terbuka lebar.

Saat itu, kipper Everton Paul Gerrard tergeletak, sehingga gawang Everton kosong tanpa penjaga. Dalam kondisi demikian, di Canio seharusnya mampu memanfaatkan kesempatan itu untuk menjebol gawang dengan umpan yang telah diterimanya. Tetapi, saat itu ia menagkap bola dan meminta agar pertandingan dihentikan dan segera menolong Gerrard yang cedera. Ia lebih memilih untuk bermain dengan sportif dan adil sesuai dengan peraturan sepakbola.

Hal itu pula yang membuatnya dikenang oleh banyak orang hingga saat ini. Ia akhirnya dianugerahi FIFA Fair Play Award pada tahun 2001. Kemenangan itu pantas didapatkan oleh di Canio karena keberanian dan keadilan yang dilakukannya. Ia memilih untuk melepaskan ambisi kemenangan dan mengutamakan sportifitas.

Hal inilah yang juga disampaikan dalam Timotius agar kita tetap menjunjung sportivitas, keadilan dan  kejujuran sesuai dengan peraturan dalam berlomba. Seorang olahragawan hanya dapat menang apabila bertanding sesuai peraturan-peraturan olahraga (baca 2 Timotius 2: 5). Menang dengan cara curang bukanlah karakter yang dimiliki oleh olahragawan sejati.

Bila diibaratkan dengan perjalanan kehidupan, maka kita diajarkan untuk dapat serupa seperti Paulus yang telah mencapai garis akhir pertandingan dengan baik (baca 2 Timotius 4: 7-8). Mari belajar untuk mencontoh tindakan di Canio atau bahkan Paulus yang telah menang dengan cara yang elegan dan sportif. Menang tanpa kejujuran akan kehilangan hormat, sedang menang dengan kejujuran akan dianugerahi mahkota.

 

Ketaatan atas ketetapan Tuhan akan membawa kita menjadi juara sejati

Ikuti Kami