Ditajamkan Sesama
Kalangan Sendiri

Ditajamkan Sesama

Budhi Marpaung Official Writer
      7084
Show English Version

Amsal 27:17

Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya

Baca Alkitab Setahun: [kitab]amsal31[/kitab]; [kitab]kolos4[/kitab]; [kitab]iraja15-16[/kitab]

Pernahkah Anda melihat seseorang menajamkan sebilah pisau dengan cara menggosoknya dengan lempengan besi? Proses penajaman itu pasti tidaklah mengenakkan. Timbul panas dari gesekan yang terus menerus serta memerlukan energi. Namun, lihatlah hasilnya : pisau yang diasah menjadi semakin tajam dan dapat digunakan secara maksimal.

Firman Tuhan memakai gambaran ini juga kepada kita manusia. Bahwa untuk membuat kita tajam, kita perlu media lain dan media lain itu bukanlah benda, melainkan orang lain atau sesama kita.

Tuhan membentuk karakter seseorang tidaklah secara otomatis, tetapi melalui proses “penajaman” dengan melibatkan orang-orang di sekitarnya. Dalam sebuah komunitas, mungkin kita menghadapi berbagai perbedaan, kritik, atau perlakuan yang kurang menyenangkan. Namun, sadarkah kita bahwa melalui semua itu kita sedang dibentuk menjadi seorang yang tabah, tangguh, dan berprinsip?

Ada kalanya kita berdoa agar Tuhan memberi kesabaran, tetapi Dia mengizinkan seseorang menguji kesabaran kita. Ada kalanya kita berdoa agar Tuhan memberi kekuatan, tetapi Dia mengizinkan kita berhadapan dengan mereka yang mengucapkan kata-kata yang menjatuhkan.

Pernahkah Anda mengalami hal seperti ini? Jika iya, janganlah mengeluh dan menjadi seorang yang tidak tahan uji. Jalanilah dengan kesadaran bahwa Tuhan dapat memakai setiap orang yang kita jumpai untuk ikut “menajamkan” sisi-sisi kehidupan kita agar lebih berkualitas dan berguna. Laluilah proses penajaman dengan tegar, walau tidak mudah. Karena kita tahu bahwa dengan cara itu, kualitas hidup kita sedang dimurnikan - HA

Apa yang tidak kita sukai dari sesama dapat dipakai Tuhan untuk menajamkan karakter kita

Ikuti Kami