Ternyata Perempuan Indonesia Paling Mandiri Se-Asia

Career / 11 May 2013

Kalangan Sendiri

Ternyata Perempuan Indonesia Paling Mandiri Se-Asia

daniel.tanamal Official Writer
4594

Ternyata dalam dunia bisnis, perempuan berpotensi besar untuk mendapatkan kesuksesan. Hal ini disebabkan mereka umumnya lebih teliti, berpikir panjang sebelum mengambil keputusan, tidak mudah emosi, tidak mudah putus asa, dan penuh perhitungan.

Hal ini diungkapkan oleh Santi Mia Sipan, pengusaha perkebunan jati, PT Jaty Arthamas. "Tidak cuma laki-laki saja, perempuan juga bisa sukses jadi pengusaha dalam berbagai bidang, termasuk bidang yang dilakoni pria," katanya dalam sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sifat-sifat inilah yang menjadikan perempuan punya mental kuat untuk menjadi seorang pengusaha. Tidak mengherankan, Santi menambahkan, dibandingkan perempuan di belahan dunia lain, perempuan Indonesia memiliki tingkat kemandirian ekonomi yang lebih tinggi.

"Jumlah pengusaha perempuan di Indonesia lebih banyak dibandingkan negara lain. Hal inilah yang menempatkan perempuan Indonesia menduduki posisi pertama dalam hal independensi ekonomi se-Asia Tenggara," jelas Santi.

Tentu saja, hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi perempuan Indonesia. Tetapi jangan lupa, pencapaian ini juga didukung peran serta keluarga. Perempuan Indonesia seharusnya bersyukur karena tradisi yang menempatkan perempuan "di dapur" sudah tak lagi berlaku.

"Di beberapa negara lain di dunia, masih ada suami yang melarang istrinya bekerja atau berwirausaha," tambahnya.

Faktor pendukung lain yang memungkinkan perempuan Indonesia berwirausaha adalah kemudahan mendapatkan asisten rumah tangga dan dengan gaji yang lebih murah. Santi menambahkan bahwa, gaji asisten rumah tangga di Australia, Singapura, dan negara-negara lain sangatlah mahal, sehingga banyak keluarga yang kesulitan untuk mempekerjakan asisten rumah tangga.

Tidak adanya asisten rumah tangga berakibat pada sulitnya mereka membagi waktu untuk mengurus pekerjaan rumah tangga dan kariernya. Karena sudah lelah dengan pekerjaan rumahnya, mereka pun enggan menambah pekerjaan untuk mengurus usaha.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Cetak Rekor, Frank Lampard Ingin Tetap di Chelsea

Turnamen Audi Cup Digelar Akhir Juli Mendatang

Presiden Barcelona Puji Bayern Muenchen

Kecewa Dengan Sikap Pemain, Mourinho Siap Tinggalkan Madrid

Liga Europa 2013 : Chelsea Hadapi Benfica di Final

Der Klassiker, Final Antar Tim Senegara Keempat di Liga Champions

Jacob, Nama Anak Terpopuler di Amerika Serikat

Warga Yunani Tuntut Kerugian Invasi Nazi

Tiga Terduga Pembom Gereja Tanzania Dibebaskan

Komsel Unik Bernama "Beer And The Bible"

Sebuah Gereja Diteror Tanda 666 dan Swastika

Mau Panjang Umur? Ikuti Kebiasaan Ini!

Legenda NBA Siap Bebaskan Tahanan Korut Asal AS

Keluarga Tinggal di Kandang Kambing, Anggota DPR Menangis

Hujan Uang Terjadi Di Belgia

ICW : Kekayaan Tidak Menjamin Seseorang Tidak Korupsi

 

 

 

 

 

 

Sumber : kompas female
Halaman :
1

Ikuti Kami