Der Klassiker, Final Antar Tim Senegara Keempat di Liga Champions

Nasional / 2 May 2013

Kalangan Sendiri

Der Klassiker, Final Antar Tim Senegara Keempat di Liga Champions

daniel.tanamal Official Writer
5874

Bertemunya dua wakil Jerman yaitu Borussia Dortmund dan Bayern München di final Liga Champions 2013 ini menorehkan sejarah baru. Laga yang dinamakan “Der Klassiker” ini akan menjadi final Liga Champions antar tim senegara keempat yang terjadi sepanjang turnamen kelas satu klub Eropa digelar sejak 1955.

Tiga final antar tim senegara lainnya adalah All Spanish Final musim 1999-2000 dimana Los Blancos Real Madrid berhadapan dengan kelelawar hitam Mestalla Valencia. Saat itu El Merengues sukses menang 3-0 lewat gol Fernando Morientes, Steve McManaman dan sang legenda Raul Gonzales.

Di musim 2002-2003 giliran Italia yang mempersembahkan dua wakil terbaiknya AC Milan dan Juventus bertarung di final yang dilaksanakan di Theatre of Dreams Old Trafford Manchester. Laga yang berlangsung selama 120 menit itu diakhiri dengan drama adu penalti dimana Rossonero menang 3-2 dan merengkuh "The Big Ears" (julukan trofi Liga Champions) ketujuhnya.

Inggris pun mengikuti jejak kedua Negara diatas dengan lolosnya dua klub anggota The Big Four yaitu Manchester United dan Chelsea. Pertarungan ketat inipun juga diakhiri dengan tos-tosan setelah kedua klub bermain imbang 1-1 selama masa 90 menit. MU menang 6-5.

Kini di musim 2012-2013 giliran Jerman yang sukses menjadikan dua wakilnya melaju ke final yaitu Borussia Dortmund dan Bayern München. Keduanya sukses melaju ke final usai menumbangkan dua raksasa Spanyol Real Madrid dan Barcelona. Kedua tim mempunyai perimbangan mental yang kuat dan berpeluang besar merengkuh trofi ke-58 itu.

Drama Der Klassiker di final yang akan dimainkan pada 23 Mei di Stadion Wembley London Inggris ini tentu akan berbeda rasanya dengan Der Klassiker di Bundesliga. Namun siapapun pemenangnya, kedua klub telah memberi sinyal kepada publik sepakbola di Eropa bahwa kekuatan sepakbola Jerman juga harus diperhitungkan layaknya El Clasico milik Madrid dan Barca yang lebih mendunia.

 

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami