Pentingnya Membuat Perencanaan

Pentingnya Membuat Perencanaan

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
      3809

Lukas 14 : 28

Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?

 

Bacaan Alkitab Setahun :  [kitab]Mazmu89[/kitab]; [kitab]Lukas10[/kitab]; [kitab]iiRaj22-23[/kitab]

 

Dalam hidup ini sangatlah penting memiliki target dan tujuan. Bila seseorang berniat menjadi pemimpin yang berhasil maka orang tersebut perlu memiliki visi yang kuat yang dapat memotivasi orang lain sehingga mereka mengikuti visi tersebut. Namun tanpa perencanaan yang tepat dan realistis, kita tidak akan mencapai target dan tujuan yang mau kita raih.

Perencanaan atau membuat anggaran adalah seperti peta jalan. Peta jalan memungkinkan Anda tahu bagaimana bisa sampai ke tempat yang Anda tuju.

Dengan cara terus melihat pada peta jalan tersebut secara berkala akan memastikan Anda masih di jalan yang benar dan juga menunjukkan kepada Anda jalan alternative ketika ada jalan yang sudah terlewatkan.

Anda harus merencanakan bukan hanya satu rute yang jelas. Rencanakan juga untuk adanya kemungkinan suatu hambatan dan itu artinya Anda sudah mempersiapkan rute alternatif yang dapat membawa Anda sampai kepada tujuan atau target yang mau Anda raih.

Sebaliknya jika seseorang tidak memiliki perencanaan atau persiapan itu artinya sama seperti seseorang yang mau pergi ke suatu tempat yang belum pernah ia datangi namun orang tersebut tidak memiliki peta jalan. Hal itu pasti akan membuat kebingungan dan membuat orang tersebut tidak mencapai tujuan.

Sebaliknya bila seseorang rajin meninjau perencanaannya akan memastikan ketepatan dalam memperhitungkan setiap resiko, hambatan, kemungkinan maupun pilihan-pilihan yang akan dihadapinya.

Kebanyakan orang tidak berencana untuk gagal namun kebanyakan orang gagal dalam membuat perencanaan

Ikuti Kami