Satu Melimpah Satu Kelaparan
Kalangan Sendiri

Satu Melimpah Satu Kelaparan

Admin Spiritual Official Writer
      5874
Matius 6:11
"Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya."

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 95; Lukas 16, Daniel 9-10

Meningkatnya harga pangan dunia menimbulkan banyak krisis bahkan di masyarakat negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Lucunya, dalam suatu konferensidi Missouri, Presiden Bush berkata bahwa tingginya harga bahan pangan disebabkan oleh meningkatnya taraf hidup orang-orang di negara dunia ketiga seperti Cina dan India.

Tentu saja semakin maju taraf hidup orang, semakin ia ingin mendapatkan segala sesuatu yang lebih baik, termasuk makanan. Tetapi apa yang Bush katakan sama dengan menyalahkan orang-orang kaya baru di Cina dan India untuk masalah kelangkaan pangan. Padahal, setiap harinya rata-rata satu warga AS mengkonsumsi 3700 kalori. Berapa kalori yang dikonsumsi di India per kepala? Hanya 2400 kalori saja. Indonesia? 2000 kalori.

WHO sendiri menyarankan bahwa asupan kalori terendah yang disarankan adalah 1500 kalori. Itu kira-kira setara dengan makan 5 donat coklat sehari. Bayangkan jika AS berdiet sedikit saja, katakanlah dengan mengurangi 1000 kalori per orang, betapa banyak orang Afrika yang bisa makan.

Lain kali, ketika kita sedang berada di pesta dan ingin mencicipi semua makanan enak yang disajikan, tetapi tidak yakin perut sanggup menampungnya, pikirkanlah orang-orang kelaparan. Ambillah sejumlah yang cukup membuat Anda kenyang. Jika Anda yang mengadakan pesta dan ternyata makanan yang Anda siapkan masih tersisa banyak, daripada berakhir sia-sia di bak sampah lebih baik berikan kepada mereka yang membutuhkan.

Semua perlu keseimbangan, berbagi adalah kuncinya.

Ikuti Kami