Rangkaian Kebenaran yang Dijalin Dari Secarik Kain Rajutan
Kalangan Sendiri

Rangkaian Kebenaran yang Dijalin Dari Secarik Kain Rajutan

Puji Astuti Official Writer
      2965

Roma 5:6-8

Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah.

Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar--tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati--.

Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 14; Matius 14; 2 Raja-Raja 13-14

Teman lama saya datang untuk makan siang, berjalan melewati pintu, dia memeluk dan tertawa dengan antusiasme untuk hidup yang khas. Kami tidak bertemu satu sama lain secara langsung selama beberapa tahun, tetapi sebagai teman dan saudari dalam Kristus, kami memiliki sejarah bersama selama beberapa dekade.

Anne memberiku sebuah hadiah tas kecil yang terbuat dari kain berwarna-warni, dengan pita yang dijalin dengan penuh bakat. Atas permintaannya, saya mengosongkannya di meja. Sebagian besar item adalah barang praktis, namun bijaksana, termasuk ayat renungan dan Alkitab. Mataku tertuju ke sepotong rajutan yang aneh, sebuah persegi panjang kecil dari benang hijau gelap. Dia menjelaskan bagaimana dia baru belajar merajut, Anne dengan bangga mengangkat proyek pertamanya, "waslap." Ketika dia memperlihatkan rajutan itu di antara kami, dua lubang yang cukup besar menjadi jelas - tidak rapi, lubang yang direncanakan untuk efek. Ini adalah lubang dengan jarak tidak teratur di mana jahitan telah hilang secara tidak sengaja.

"Aku tidak tahu bagaimana lubang-lubang itu masuk ke sana," katanya dengan tawa yang menular. Aku berterima kasih padanya atas perhatiannya, kami terus menikmati waktu singkat kami bersama sebagai pasangan - makan, berbagi, dan merayakan persahabatan.

Semua berlalu terlalu cepat, sudah waktunya berpisah. Ketika kata-kata perpisahan terakhir diucapkan dan teman-teman kami pergi, aku meraih rajutan kecil itu sekali lagi. Saya benar-benar tersentuh, tetapi saya tidak yakin mengapa. Dan kemudian saya mulai memahami maknanya. Anne telah mempercayakan aku dengan hasil kerjanya - meskipun itu cacat. Apakah saya akan mengambil risiko itu, atau akankah harga diri saya yang menguasai?

Alkitab memberi tahu kita,

"Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. Kolose 3:12

Saya telah menyaksikan buah spiritual teman saya beraksi.

Air mata menggelegak ketika saya menyadari bahwa Anne juga mempercayai saya dengan ketidaksempurnaannya. Dia tidak mencari persetujuan saya. Rajutan kotak hijau kecil ini adalah pengingat akan persahabatan kami yang telah lama dijalin, sebuah perjalanan bukan tanpa cobaan dan kesalahpahaman. Seperti yang Laban nyatakan dalam Kejadian 31:48: "Timbunan batu inilah pada hari ini menjadi kesaksian antara aku dan engkau." Aku tahu waslap itu berdiri sebagai saksi dari hubungan perjanjian kami. Meskipun tidak sempurna, kami terikat bersama dalam kasih dan pengampunan Kristus.

Tuhan terus mengupas kebenaran-Nya ke dalam hati saya. Betapa sukacitanya kita dapat datang di hadapan Singgasana Surgawi sebagai produk yang tidak sempurna, cacat oleh dosa, sementara Bapa Surgawi kita melihat kita melalui saringan pengorbanan Kristus di kayu salib.

"Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.Efesus 1: 4

Ketika kita meminta pengampunan, terlepas dari "lubang" kita, dosa-dosa kita, Allah Bapa menghargai kita sebagai anak-anak-Nya. Rahmat dan anugerah yang tak terlukiskan!

"Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya.” Efesus 1: 7

Sekarang menjadi jelas bahwa kain lap kecil ini jauh lebih dari yang terlihat. Hal itu melambangkan cara Tuhan menunjukkan kepada kita cara hidup dalam hubungan dengan satu sama lain dalam Tubuh Kristus - dengan kerendahan hati, kepercayaan, dan cinta. Itu juga meneriakkan rahmat, belas kasihan, dan pengampunan - menyoroti Perjanjian yang penuh kasih dengan Allah Bapa. Saya tahu bahwa kain lap ini tidak akan digunakan untuk mencuci piring, tetapi untuk mengajari saya cara hidup. Siapa yang akan membayangkan begitu banyak kebenaran yang akan dirangkai menjadi kain rajutan sederhana?

"..tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.” Efesus 4:15

Hak Cipta © 2015 oleh Joan Benson. Digunakan dengan izin.

Ikuti Kami